cara membuat keripik pisang nangka

2 Cara Membuat Keripik Pisang Nangka yang Lezat dan Nikmat

Banyak orang yang mencari tahu cara membuat keripik pisang nangka. Cara membuatnya memang bisa dikatakan susah-susah gampang. Apabila cara mengolahnya salah, maka hasilnya bisa tawar atau tidak sedap.

Keripik pisang nangka yang lezat dan nikmat harusnya memiliki bau dan rasa yang bisa menggugah selera kita. Singkong, pisang, ubi merupakan contoh dari bahan baku yang banyak diolah menjadi keripik dan dijual di pasaran.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa pada keripik pisang nangka. Pertama pada tipe bahan yang dipakai, pemilihan bahan yang segar, cara memproduksi, bahkan sampai cara penyajiannya.

Namun, apabila kita sudah tahu trik untuk mengolahnya, maka keripik pisang nangka yang kita buat akan terasa nikmat dan lezat. Sajian ini bisa menjadi sajian yang spesial untuk camilan keluargamu.

 

Membuat Keripik Pisang Nangka

cara membuat keripik pisang nangka

Untuk mendapatkan resep keripik pisang nangka, tentunya kamu bisa mencari di berbagai media seperti internet atau buku masak. Kamu bisa memakai vacuum frying jika punya untuk hasil yang lebih memuaskan.

Berikut ini cara membuat keripik pisang nangka lezat yang bisa kamu ikuti di rumah.

1. Resep Keripik Pisang Nangka Manis

Bahan yang dibutuhkan :

  • 1 tandan pisang nangka
  • 6 siung bawang putih
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • 1 kg minyak goreng

Cara membuat :

  1. Pilihlah pisang nangka yang bagus dan berkualitas, lalu kupas kulitnya. Kamu bisa memakai sarung tangan dari plastik supaya tidak terkena getah pisang. Rendam pisang nangka yang sudah dikupas dalam air hangat.
  2. Selanjutnya, cuci bersih pisang nangka. Haluskan bawang putih kemudian dicampurkan pada pisang nangka yang sudah dicuci bersih bersamaan dengan garam dan gula. Diamkan beberapa menit.
  3. Jika dirasa bumbu sudah meresap, tiriskan pisang nangka. Setelah itu, pisang nangka diiris tipis memakai pisau atau alat parut khusus agar ketebalannya sama.
  4. Siapkan minyak dalam wajan lalu panaskan memakai api kecil. Apabila sudah panas, masukkan pisang nangka yang sudah diiris tipis. Goreng sampai menguning.
  5. Setelah matang, angkat keripik pisang nangka. Tiriskan sampai minyak tuntas. Agar lebih cepat kamu bisa memakai spinner minyak.
  6. Panaskan gula pada teflon yang anti lengket sampai mengental. Masukkan keripik pisang nangka lalu diaduk agar tercampur merata. Jika sudah, angkat dan dinginkan.
  7. Keripik pisang nangka manis siap disajikan atau disimpan dalam toples kedap udara.

2. Keripik Pisang Nangka Asin

Bahan yang dibutuhkan :

  • Pisang nangka yang masih berwarna hijau
  • Secukupnya minyak

Bahan untuk bumbu halus :

  • 2 siung bawang putih
  • Garam
  • Air

Cara membuat :

  1. Bawang putih dan garam diulek memakai cobek, kemudian dicampur dengan air sampai cobeknya penuh.
  2. Pisang nangka yang sudah kamu siapkan dikupas dari kulitnya. Kemudian direndam dalam air agar tidak teroksidasi atau menghitam selama menunggu proses pengirisan.
  3. Iris tipis pisang nangka memanjang memakai pisau atau memakai alat perajang khusus agar hasilnya lebih maksimal.
  4. Siapkan minyak dalam wajan, panaskan memakai api kecil. Goreng irisan pisang nangka dalam minyak yang sudah panas, biarkan hingga setengah matang.
  5. Masukkan bumbu ulek yang sudah diberi air tadi sebanyak 2 ½ sendok makan ke dalam wajan yang berisi keripik pisang nangka setengah matang.
  6. Ketika air bumbu uleg masuk, pastinya akan menimbulkan suara dan juga gelembung kecil. Aduk keripik pisang nangka hingga gelembung yang ada hilang, kemudian tiriskan.
  7. Tunggu sampai minyak turun seluruhnya, agar cepat bisa memakai mesin peniris minyak. Tunggu hingga dingin.
  8. Keripik pisang nangka asin siap disantap atau disimpan ke dalam toples yang tertutup rapat.