7 Cara Memilih Warna Furniture Rumah agar Nyaman Dipandang

Tentunya penempatan furniture untuk bagian dalam rumah membutuhkan perhatian lebih untuk menyeimbangkan konsep ruangan. Kalau rumah tidak ada ornamen furniture jadi terlihat kurang menarik, kosong, sunyi dengan menambahkannya pasti akan membuat rumah lebih menawan dan menarik sehingga penghuni rumah merasa nyaman dengan estetika ruangan. 

Namun, juga cukup sulit untuk memilih furniture serta menatanya. Apalagi jika rumah Anda menggunakan desain minimalis, artinya Anda harus berhati-hati dalam memilih furniture yang akan Anda dipakai. Dalam hal ukuran dan fungsionalitas, tetapi jangan khawatir, sebenarnya ada banyak cara untuk melakukannya memilih furniture yang cocok dan selaras dengan desain rumah Anda. Berikut ulasannya. 

 

1. Menetapkan Perabot Dengan Tema Rumah 

Sebelum membeli furniture, alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu mempertimbangkan penerapan konsep desain rumah yang Anda akan terapkan. Jika ruangan Anda didesain dengan rancangan minimalis, pilihlah furniture dengan gaya minimalis yang membuatnya terlihat serasi dan nyaman saat Anda melihatnya nanti. Sesuaikan juga furniture dengan warna cat rumah dan ukuran ruangan, yang tentunya selalu berkaitan dengan konsep rumah. 

2. Mencocokan Furniture dengan Kondisi Ruangan

Untuk mendapatkan tempat yang ideal, tentukan terlebih dahulu ukuran dan kondisi ruangan serta lihat jenis furnitur apa yang cocok dengan material ruangan. Misalnya, jika dinding rumah Anda terbuat dari kayu, sebaiknya kurangi penggunaan keramik dan furniture kayu. Karena untuk menghindari monoton dan menjaga konsep rumah anda tetap minimalis untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan furniture kaca. 

3. Pilihan Furniture Pada Suhu Ruangan Didalam Rumah

Suhu udara juga bisa mempengaruhi desain furniture Anda. Mengapa? karena suhu di dalam ruangan akan menentukan jenis furniture yang sesuai. Jika rumah di ruangan Anda terlalu panas, sebaiknya gunakan furniture kaca atau aluminium untuk mendinginkan suhu udara. Namun, jika suhu ruangan rumah Anda dingin, Anda bisa menggunakan furnitur kayu untuk menjaga suhu udara tetap hangat. 

4. Sesuaikan Ukuran Furniture Dengan Tempatnya

Memilih bentuk ukuran dan mempertimbangkan model furniture yang tepat tentunya akan membawa kelebihan tersendiri bagi rumah minimalis Anda. Sedangkan, size furniture sangat mengandalkan perencanaan kondisi suatu ruang. Menentukan furniture berukuran sedang dan desain furniture yang tepat untuk kamar tidur Anda sangat cocok untuk kamar tidur minimalis Anda. Sehingga nantinya bisa memberikan hasil kesan yang luas pada ruangan tersebut. Jika Anda menempatkan furniture terlalu besar, tentu saja ruangan hanya akan menjadi sempit dan tidak nyaman. 

5. Pilih warna pastel untuk furniture 

Pilihan warna harus diperhitungkan saat memilih furniture. Sesuaikan warna furniture dengan tema warna setiap ruangan. Untuk pemilihan warna, Anda perlu mencari yang cocok dan tidak berbenturan dengan kondisi ruangan Anda. Hindari warna yang terlalu kontras karena membuat ruangan tidak nyaman dan menciptakan terlalu banyak pemfokusan pada tempat yang minim. rata-rata rumah minimalis hanya memilih satu warna saja yang mendominasi seluruh ruangan dan warna tersebut merupakan warna pastel yang netral yang terang, seperti putih atau abu-abu muda. 

6. Pilihan Perabot Yang Multifungsi

Perabotan seperti sofa yang memiliki lebih dari satu fungsi seperti tempat dudukan juga tempat tidur, bahkan ada jenis sofa yang dipakai sebagai tempat tidur susun. Furniture yang demikian akan menjadi tambahan furniture yang bagus untuk ruangan yang kecil, tidak peduli betapa kecilnya itu. Beberapa perabot memiliki desain untuk kegunaan lain. Misalnya kursi, selain untuk duduk, di bawahnya juga bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan atau sebagai set meja makan apabila kursinya dikeluarkan, bekas ruang simpan kursinya bisa dijadikan tempat menyimpan barang. Selain menghemat isi ruangan, furniture multifungsi akan membuat barang-barang Anda rapi di ruang penyimpanannya. Jika anda membutuhkan layanan untuk membersihkan sofa, bisa kontak cuci sofa pontianak

7. Perhatikan Kualitas Bahan 

Kualitas furniture untuk rumah Anda harus diperhatikan karena ruang yang berbeda jelas berbeda bahan untuk furniture yang akan digunakan. Kualitas bahan mempengaruhi kekuatan atau lamanya furniture. Sebaiknya cari bahan furniture yang dapat mudah dibersihkan dan juga dirapikan, awet serta tahan lama. Furniture yang kerap terkontaminasi air pastinya perlu yang anti karat, serta furniture yang terletak di tempat yang terkena air hanya kadang – kadang akan mudah tertempel debu jadi carilah yang gampang dibersihkan dari debu. 

 

Nah, itulah tujuh cara memilih furniture untuk rumah minimalis Anda.  Apapun jenis furniture yang dipilih, disarankan untuk bijak dalam menentukan budget atau anggaran pembelian furniture rumah sehingga tak terlalu mengganggu kebutuhan keuangan yang lain. Meskipun ini tidak pasti benar adanya, hindari pembelian furniture yang terjangkau, karena ini biasanya barang yang murah memiliki kualitas yang buruk, pilihlah furniture yang tahan lama dan modelnya timeless.