pms

Apa Arti PMS dan Apa Saja Gejala yang Dirasakan Wanita?

Ketika wanita sedang emosional atau beradu argumen, hal yang paling sering didengar adalah pertanyaan apakah sedang PMS?. Padahal wanita bisa merasa emosional, bisa mengutarakan pendapatnya, dan bernegosiasi untuk hal yang sifatnya penting kapan saja. Walaupun erat kaitannya dengan wanita, tetapi PMS tidak menjadi satu-satunya hal yang menjadi justifikasi kepada wanita yang mengutarakan pendapat dan emosinya untuk hal yang tepat.

Apa arti PMS memang tidak bisa dipisahkan dari wanita, di mana artinya adalah premenstrual syndrome. PMS merupakan sindrom yang dirasakan dengan adanya perubahan fisik, emosi, dan juga perilaku yang dirasakan sebelum masa menstruasi. Perubahan ini dirasakan setidaknya 1 hingga 2 minggu sebelum mengalami menstruasi. Di mana untuk tingkat PMS yang dirasakan orang akan berbeda-beda bisa ringan seperti perut kembung dan sakit kepala hingga mengalami depresi untuk tingkat yang lebih parah.

pms

Berbagai gejala yang perlu dikenali ketika wanita mengalami gejala menstruasi tersebut adalah:

•    Untuk gejala yang dirasakan pada fisik wanita akan mengalami rasa nyeri di bagian payudara, berat badan yang bertambah, sakit di bagian kepala, tangan maupun kaki yang membengkak, nyeri otot, dan juga mengalami perut kembung dan keram perut. Biasanya PMS juga ditandai dengan munculnya jerawat yang ada di bagian wajah.

•    Untuk gejala perilaku biasanya bisa ditandai dengan gejala mudah lupa, sering merasa lelah, lebih sulit untuk berkonsentrasi, dan mengalami peningkatan nafsu makan.

•    Untuk gejala yang ditandai dengan perubahan emosi adalah akan lebih mudah marah, lebih mudah menangis padahal tidak ada penyebabnya, mengalami gelisah yang berlebihan, gairah seks yang lebih tinggi, insomnia, hingga depresi.

Dengan mengenali apa arti PMS dan gejalanya akan bisa lebih mengenal mengenai tubuh dan emosi yang dipunyai oleh wanita. Sebagai wanita juga harus aware mengenai hal tersebut, sehingga apabila ada hal yang tidak baik dirasakan bisa untuk diperiksakan dengan segera. Di mana tanda PMS yang mengalami sakit berlebihan dan parah hingga mengganggu kegiatan sehari-hari perlu untuk diperiksakan ke dokter.