Apa Itu Google Analytic? Dan Manfaatnya untuk Website

Saat ini lebih dari 27 juta website telah terhubung dengan google analytic, angka ini akan terus bertambah seiring dengan pesatnya teknologi.  Tentu saja akan semakin banyak website yang akan terhubung dengan google analytic. Google analytic adalah sebuah website yang digunakan untuk menganalisis kerja website, mengetahui jumlah pengunjung, dan melacak umur pengunjung dari suatu website. Google analytic juga memiliki berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan olehmu. 

Analisis yang dilakukan oleh google dapat dijadikan sebagai bahan untuk merencanakan dan membuat suatu konten untuk pelanggan. Google analytic dapat membantumu dalam mengembangkan situs web yang lebih menarik dan memenuhi kebutuhan pasar. 

Fungsi google analytic

Pengunjung yang berhubungan langsung dengan internet pasti memiliki identitas sendiri. Identitas ini dipakai oleh internet (penyedia ISP, DNS, dan lainya) untuk mengetahui beberapa data pengguna internet, seperti alamat IP, lokasi, jenis perangkat, aktivitas, dan lainya. Tentunya akan dimanfaatkan oleh beberapa penyedia jasa basis online untuk mengenali pelanggannya. Fungi jadi google analytic adalah untuk mendapatkan suatu informasi terhadap kegiatan pengunjung pada suatu website. 

Bukan hanya mengumpulkan informasi dari pelanggan, google analytic juga mengumpulkan data kinerja search engine optimization (SEO) web pada mesin pencarian google. Contohnya, keyword yang didapatkan dari google analytic mana, yang akan menarik banyak pengunjung. Yaitu seperti bagaimana tingkah laku pengunjung  ketika mengunjungi website, apa perangkat yang digunakan, dan lainya. Melalui beberapa fungsi yang telah disediakan oleh google analytic, maka kamu dapat dengan mudah dalam membuat suatu laporan dan memprosesnya dengan cepat.

Manfaat google analytic

Google analytic memiliki berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Apalagi jika bisnis yang kamu kembangkan berhubungan dengan mesin pencarian pada google. Beberapa fitur cukup membantu untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan kinerja website dengan mudah. Ada beberapa fitur pada google analytic yang wajib untuk diketahui, dibawah ini beberapa fitur-fitur yang dapat kamu manfaatkan yaitu.

1. Analytics intelligence

Fitur ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan berbagai data yang kamu butuhkan. Kamu akan mendapatkan informasi yang berhubungan dengan kinerja dari website tersebut ataupun bisnis yang sedang kamu kembangkan. Fitur ini akan membantumu, mempermudah untuk memahami setiap data yang didapatkan dengan kemampuan informasi yang canggih. Google analytic akan update mengenai perubahan trend, memberikan data terbaru, dan peluang penting yang wajib untuk diketahui.

2. Pelaporan (reporting)

Kamu dapat dengan mudah mendapatkan laporan, termasuk bagaimana pelanggan berinteraksi pada websitemu. Laporan ini dapat dengan mudah dibagikan dengan rekan kerja ke berbagai aplikasi pelaporan. Google analytic memberikan laporan yang cukup detail, seperti laporan pengunjung, iklan, akuisisi, tingkah laku pengunjung, konversi, laporan langsung, dan diagram alur pengunjung. Semua laporan tersebut dapat dengan mudah ditemukan pada google analytic.

3. Data analytic and visualization

Visualisasi data dapat dilakukan oleh google analytic, sehingga dapat mempermudah untuk mengaksesnya, kemudian mengatur supaya sesuai dengan kebutuhan bisnis. Visualisasi akan membuat suatu penggambaran data menjadi lebih terlihat. Ini akan memudahkan ketika membaca ataupun menganalisis bagian yang masih perlu dikembangkan. Kemudahan lain yang ditawarkan yaitu kemudahan dalam mengaksesnya, kamu dapat mengaksesnya dimanapun dan masih terhubung dengan koneksi internet. Software ini tersedia juga untuk versi mobile (android dan iOS). 

4. Data collection and management

Google analytic mendukung library JavaScript, aplikasi SDK, sampai Open Measurement (OM) protocol. OM protocol dapat memudahkan untuk mengimpor data dari bermacam aplikasi pihak ketiga yang terhubung pada internet. Kemudian mengkombinasikannya dengan data yang telah dikumpulkan untuk mendapatkan sebuah informasi yang lengkap. 

 

Demikian pembahasan mengenai Apa itu google analytic? Dan manfaatnya untuk website. Untuk kamu yang ingin mengoptimasi website agar bisa menempati halaman pertama Google, kamu bisa menggunakan jasa backlink edu. Layanan ini menyediakan berbagai jenis backlink edu yang berkualitas.