Apa Itu Local SEO dan Cara Kerjanya

Apa yang terpikirkan ketika kamu mendengar kata local SEO?, mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan kata ini. Jika bagi seorang pebisnis local SEO ini bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnisnya, karena membantu pengguna internet untuk menemukan bisnisnya. Di era digital saat ini, hampir sebagian besar pebisnis memanfaatkan internet untuk mencari konsumen dalam jumlah yang banyak. Lalu apa sih maksud dari SEO itu dan bagaimana cara kerjanya, berikut penjelasannya.

 

Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) merupakan suatu teknik pengoptimalan nilai relevan halaman website untuk meningkatkan rangking dan pengunjung pada mesin pencarian google. SEO dilakukan melalui proses sistematis (analisa, implementasi, report). Terdapat tiga kewajiban yang harus dimiliki dalam mesin pencarian local yaitu kedekatan, keunggulan, dan relevansi. 

Bagaimana cara kerja SEO?

Tujuan dari SEO yaitu untuk mengoptimalkan sebuah website, sehingga memudahkan para pengguna internet yang ingin mencari keperluan yang mereka butuhkan hanya dengan keyword tertentu. Terdapat beberapa macam cara kerja yang dilakukan oleh local SEO, yaitu sebagai berikut:

1. Crawling

Crawling adalah proses pengambilan semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Perangkat lunak seperti crawler/ spider ini lah yang bertugas untuk mengambil semua halaman tadi.

2. Indexing

Proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang diambil dan tersimpan pada database mesin pencarian merupakan tugas dari indexing. Proses pengindeksan merupakan sebuah identifikasi dari tulisan dan kata-kata yang menjadi halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

3. Processing

Ketika mesin pencari menerima request dari user sebagai contoh dengan mengetikan keyword “manfaat seo” pada mesin pencari, maka mesin tersebut akan melakukan proses perbandingan. Yaitu, dengan membandingkan keyword “manfaat seo” ke dalam request pencarian dengan halaman lain dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari.

4. Calculating Relevancy

Pada satu halaman web pasti terdapat lebih jumlah keyword atau kata kunci dari yang diinputkan ke dalam mesin pencari. Contohnya pada keyword “apa itu seo” mesin pencari akan melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks keyword serupa.

5. Retrieving Result

Ini adalah langkah akhir dalam mesin pencarian yang berfungsi untuk mengambil hasil yang paling relevan dari keyword yang sudah diproses sebelumnya. Dan selanjutnya ditampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang terdapat di browser. 

Setiap mesin pencarian memiliki algoritma, yang fungsinya untuk menentukan apakah sebuah konten pantas memasuki peringkat tertinggi di hasil pencarian. Ini berlaku untuk semua jenis mesin pencari, tapi dalam hal ini kita membahas google dan yahoo karena google menjadi mesin pencari yang banyak digunakan.

Mesin pencari google selalu mengupdate puluhan algoritma setiap bulannya, ini berhubungan dengan teknik relevansi dalam menampilkan hasil pencarian. Hal ini dilakukan supaya hasil pencarian yang ditampilkan, hasilnya yang tepat dan juga sesuai dengan keyword yang diinputkan. Karena jika kamu menggunakan algoritma lama maka tidak akan memberi dampak apapun untuk websitemu.

 

Apa manfaat dari local SEO untuk website kamu?

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan local SEO, yaitu:

  • Website menjadi ramai akan pengunjung tertarget keyword yang tepat sasaran.
  • Pelanggan terus berdatangan ke website kamu karena keyword sesuai dengan target pencarian.
  • Secara tidak langsung optimasi SEO ini meningkatkan pendapatan kamu sebagai publisher.
  • Cache penelusuran di mesin pencari google menjadi yang paling utama.
  • Website bisnis kamu menjadi semakin berkembang dan semakin maju.
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan.

 

Untuk Anda yang ingin mengoptimalkan kinerja website namun masih terkendala pengetahuan mengenai SEO. Anda bisa menggunakan layanan jasa SEO. Dengan layanan tersebut, Anda akan memperoleh website SEO friendly yang bisa bersaing di halaman pencarian Google.