contoh kerjinan sabut kelapa

Beberapa Contoh Kerajinan Sabut Kelapa yang Bermanfaat

Banyak sekali contoh kerajinan sabut kelapa yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Pohon kelapa memang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kehidupan kita. Masyarakat Indonesia patutnya sangat bersyukur hidup di daerah yang mempunyai iklim tropis sehingga banyak pohon kelapa yang tumbuh di dalamnya.

Di sekitar pantai banyak sekali ditumbuhi pohon kelapa, tetapi di daerah pemukiman bahkan sampai di dataran tinggi pun banyak ditumbuhi pohon kelapa. Hal ini bisa menjadi potensi yang harus kita maksimalkan pemanfaatannya di dalam kehidupan.

Salah satu cara untuk memaksimalkan potensi tersebut yaitu dengan membuat kerajinan dari sabut kelapa yang memiliki nilai ekonomis. Sayang sekali jika sabut kelapa hanya dijadikan bahan pembakaran atau dibuang begitu saja tanpa dimanfaatkan.

 

Berbagai Contoh Kerajinan dari Sabut Kelapa

contoh kerjinan sabut kelapa

Sabut kelapa yang sudah tak terpakai biasanya dibuang begitu saja atau untuk bahan pembakaran. Orang yang pintar dalam mengolah sabut kelapa bisa meraih untuk yang besar. Ada banyak contoh kerajinan yang berasal dari sabut kelapa.

Kegiatan membuat kerajinan dari sabut kelapa bisa menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Waktu luang yang kamu punya bisa menjadi bermanfaat ketika digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan yang nilai jual dan nilai seninya cukup tinggi.

Menariknya banyak dari masyarakat yang menggemari kerajinan dari sabut kelapa, hal ini karena keindahan tekstur dari sabut kelapa tak ada yang bisa menandingi. Selain itu, banyak juga orang yang percaya bahwa sabut kelapa bisa mengusir ular.

Untuk orang yang mempunyai usaha kerajinan sabut kelapa dan sudah berkembang biasanya menggunakan bantuan mesin, seperti mesin sabut kelapa atau mesin pengurai sabut kelapa. Namun, apabila kamu ingin mencoba sendiri di rumah, kamu bisa menggunakan alat dan bahan yang seadanya saja.

1. Pot Gantung

Salah satu hiasan yang cukup menarik dari sabut kelapa ini bisa membuat suasana rumahmu menjadi semakin hangat. Pastinya akan menarik perhatian karena desainnya yang unik dan warna coklatnya yang sangat khas dengan sabut kelapa.

Pot yang sangat ramah lingkungan ini bisa membuat tanamanmu hidup lebih subur. Hal inilah yang membuat banyak orang menggemari pot dari bahan sabut kelapa. Pot ini pun sangat ringan dan sangat mudah ketika dipindah sesuai dengan keinginanmu.

2. Keset dari Sabut Kelapa

Kerajinan dari sabut kelapa yang satu ini sudah banyak tersebar di masyarakat. Hanya saja beberapa dari orang tidak sadar bahwa keset yang mereka pakai terbuat dari sabut kelapa. Keset ini sudah pasti sangat ramah lingkungan.

Umumnya pengrajin keset ini memberikan berbagai macam variasi bentuk dan juga warna untuk memperindah tampilan keset. Bahan utama keset ini membuatnya sangat efektif untuk menyerap air dan mudah untuk dibersihkan sehingga banyak orang yang memilih menggunakan keset ini.

3. Sapu dari Sabut Kelapa

Kerajinan dari sabut kelapa ini mempunyai kesan yang sangat jadul namun sangat berguna. Sebagian besar masyarakat Indonesia masih memakai sapu dari sabut kelapa ini. Alasannya karena lebih mudah untuk membersihkan debu, harganya lebih mudah, lebih tahan lama, sampai lebih ramah untuk lingkungan.

4. Tali Rami dari Sabut Kelapa

Kerajinan tali rami ini menjadi salah satu kerajinan yang banyak dicari oleh orang karena sedang populer atau naik daun. Tren kerajinan vintage memang mempunyai keindahan tersendiri sebab menampilkan kesan yang natural.

Sudah banyak orang yang membuat kerajinan tali rami dari sabut kelapa, bahkan banyak dari mereka yang menjualnya dan menghasilkan uang yang lumayan.

 

Produk dari bahan organik memang sangat aman bagi kesehatan manusia. Selain itu, menggunakan bahan organik akan membantu menjaga lingkungan agar tetap asri dan juga nyaman, karena mau seperti apapun lingkungan harus kita jaga sebaik mungkin.