Cakupan Kerja Jasa Kontraktor Rumah

Jasa kontraktor rumah merupakan badan hukum atau perorangan yang tugasnya mengawasi pembangunan proyek rumah. Kontraktor biasanya disewa oleh pemilik proyek. Kontraktor akan melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan kontrak yang telah disepakati.

Kontraktor bisa mendapatkan proyek dengan dua jalan. Pertama dengan ditunjuk secara langsung oleh pemilik proyek dan melalui lelang. Biasanya pemilik proyek melakukan lelang untuk mendapatkan kontraktor dengan pengajuan harga.

Cakupan kerja kontraktor

Biasanya kontraktor akan diperiksa oleh pemilik proyek sebelum dikerjakan. Maksudnya diperiksa adalah dilihat bagaimana layanan dan reputasinya. Berikut beberapa cakupan kerja jasa kontraktor rumah yang perlu kamu ketahui :

1. Mengerjakan desain bangunan

Cakupan kerja kontraktor yang pertama adalah mengerjakan desain. Desain ini diawali dengan survei lahan untuk perhitungan yang lebih tepat. Selanjutnya merambah hingga desain interior, eksterior sampai fasilitas bangunan. Kontraktor akan membuat desain sesuai keinginan dan kebutuhan pemilik proyek.

Desain yang dikerjakan oleh kontraktor juga disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki pihak proyek. Kontraktor akan memetakannya dengan memperhitungkan penggunaan alat dan material. Tentu saja kegiatan desain ini mencakup suksesnya sebuah pembangunan proyek.

2. Bertanggung jawab terhadap bangunan dan material

Disamping desain, jasa kontraktor juga bertanggung jawab terhadap bangunan dan material. Dalam tahap ini, kontraktor memiliki tanggung jawab dalam pembersihan lahan dan menggali tanah untuk pondasi. Kontraktor juga bertanggung jawab dalam pembuatan sumur resapan. Biasanya kontraktor menggunakan berbagai jenis alat berat dalam proses ini.

3. Melakukan renovasi

Terakhir, kontraktor juga mengerjakan renovasi atau remodelling. Diantaranya yang dikerjakan kontraktor seperti pembongkaran bangunan dan perbaikan. Kontraktor juga terkadang melakukan perombakan interior dan eksterior rumah.

Kontraktor juga bisa melakukan renovasi terhadap fasilitas bangunan. Penambahan atau pengurangan fasilitas tentunya mempengaruhi interiornya. Kontraktor melakukan perombakan dengan desain-desain baru yang disesuaikan.

 

Demikian 3 cakupan kerja jasa kontraktor rumah yang perlu kamu ketahui. Kontraktor akan melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan pemilik proyek. Dengan begitu kontraktor merupakan bagian dari suatu tim proyek pembangunan.