Cara Atasi Jamuran Pada Kelinci German Giant

Kelinci adalah salah satu dari jenis hewan peliharaan paling menggemaskan. Wajar saja jika sekarang banyak orang menyukainya. Bahkan mereka rela memeliharanya dikarenakan menjadi peluang usaha cukup menjanjikan. Hanya saja masalah datang ketika terjadi jamuran pada kelinci german giant.

Sebetulnya masih cukup banyak permasalahan lain yang biasanya menyerang kelinci. Merawat kelinci sebetulnya bukan hal sulit dilakukan. Dimana hewan ini juga rentan sekali akan beragam penyakit.

Kebanyakan dari para pecinta kelinci biasanya tidak sadar jika kelinci mereka mudah sekali terserang penyakit mematikan. Kamu sebagai pemiliknya seharusnya mampu memastikan jika asupan gizi sekaligus makanannya bernutrisi tinggi. Dengan begitu kelinci pun bisa tumbuh dengan sehat.

Apabila kelinci kekurangan asupan makanan bergizi maka pertumbuhan giginya pun juga terganggu. Bahkan faktor lainnya seperti lingkungan kurang bersih bahkan kandang bisa membuat kehidupan kelinci semakin terganggu.

Adapun penyakit yang biasanya menyerang kelinci adalah tungau telinga. Jika kamu membiarkan begitu saja tungau ini menginfeksi bagian telinga. Nantinya bisa akan berujung dengan jamuran pada kelinci german giant.

Atasi jamuran pada kelinci flemish giant

Gejala awal dari penyakit tungau telinga ini biasanya berupa bintik merah muda yang berada pada bagian telinga kelinci. Jika keseringan digaruk kondisinya pasti semakin parah. Bahkan jika kamu membiarkan begitu saja.

Nantinya bakalan muncul cairan pada telinga hingga memunculkan bau tidak enak. Parahnya lagi bakalan muncul kerak seperti halnya jamur. Jika kamu penasaran akan cara mengatasi hal tersebut. Sebaiknya simak uraian berikut.

  • Usahakan kondisi tempat tinggalnya bersih

Kebersihan kandang kelinci menjadi salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai nantinya kandang kelinci hadir dalam kondisi lembab. Sebab hal ini bisa menghadirkan binatang kecil seperti halnya tungau hidup yang bisa menyerang kelinci dan menimbulkan hadirnya jamur.

  • Pisahkan kelinci yang sakit

Sudah seharusnya kamu memisahkan antara kelinci sakit dan kelinci sehat dalam kandang berbeda. Hal ini dilakukan supaya nantinya kelinci sehat tidak tertular penyakit.

  • Obatilah dengan permanganas kalikus

Jika memang kelinci ini kondisinya masih belum parah pastinya bisa pergunakan PK. Dimana obat tersebut bisa dengan mudah kamu temukan di apotik. Kamu hanya perlu mengoleskan obat tadi pada bagian yang telah terjangkit.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai jamuran pada kelinci german giant yang bisa kamu ketahui. Semoga saja mampu memperluas pengetahuan kamu.