Cara melihat Pengguna WiFi IndiHome Di Berbagai Merek Modem

Jaringan WiFi lemot bisa disebabkan karena terlalu banyak pengguna. Untuk mengatasinya ketahuilah pengguna WiFi IndiHome yang terhubung. Cara melihat pengguna WiFi IndiHome bisa dilakukan melalui beberapa langkah.

Pengecekan bisa dilakukan melalui modem. Seperti yang diketahui, modem memiliki merek yang beragam. Para pengguna bisa melihat siapa saja yang mengakses WiFi dengan beberapa modem berikut:

1. Untuk Pengguna Modem  ZTE

Jika pengguna menggunakan modem IndiHome ZTE maka bisa menerapkan cara berikut. Lakukan login dengan menggunakan akun dan password yang biasanya ditemukan pada modem. Umumnya, peletakan akun berada di bagian bawah.

Adapun data default-nya yaitu memiliki user atas nama “Admin”. Begitu pun dengan password yang digunakan pun bertuliskan “Admin”. Masuklah ke menu Network untuk melakukan pengaturan WLAN yang mengarah ke menu Associated Device.

Selanjutnya, akan tertera perangkat yang menggunakan WiFi IndiHome. Jika ditemukan perangkat tidak dikenal, maka bisa memblokirnya. Hal ini dilakukan dengan cara memilih opsi Network– WLAN – Associated Control ListMode­ – Block.  

2. Untuk Pengguna Modem Nokia

Cara lainnya yang bisa digunakan yaitu melalui modem Nokia. Terdapat beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk mengetahui pengguna WiFi melalui modem Nokia. Pastikan modem sudah terpasang dengan baik.

Selanjutnya, buka bagian pengaturan modem. Maka akan ditemukan sederet opsi yang beragam. Pilihlah menu Home Networking untuk memunculkan pengguna WiFi. Pengguna WiFi pun akan disajikan secara rinci, mencakup status, nama perangkat hingga alamat IP.

3. Untuk Pengguna Modem TP-Link

Bisa juga dengan menggunakan aplikasi yaitu TP-Link. Sebuah aplikasi yang memungkinkan untuk mengetahui pengguna WiFi IndiHome. Untuk menggunakannya, unduh terlebih dahulu di laman Google Play. Instal hingga berhasil terpasang pada perangkat yang digunakan.

Bukalah aplikasi, kemudian login  dengan menggunakan akun secara default. Jika berhasil masuk, akan ditemukan status Wireless. Kemudian pilih “Client” untuk mengetahui perangkat lain yang mengakses jaringan WiFi IndiHome.

4. Untuk Pengguna Modem Huawei

Cara lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan modem Huawei. Jika modem yang digunakan bertipe HG8245A, maka bukalah browser internet, lalu akses laman 192.168.1.1. Login dengan menggunakan akun default dengan username dan password “Admin”.

Setelah berhasil masuk, pilih menu “Status” yang akan mengarah pada menu “User Device Information”. Selanjutnya, ID serta device pengguna pun akan terlihat secara rinci. Blokir perangkat yang mencurigakan. Selain itu, bisa juga mengubah password yang lebih rumit.

5. Untuk Pengguna Modem FiberHome

Cara melihat pengguna WiFi IndiHome juga bisa melalui FiberHome. Untuk melakukannya  buka browser pada perangkat dan ketikkan 192.168.1.1. Masukkan akun dan password secara default. Pastikan berhasil masuk untuk bisa melakukan pengaturan yang tepat.

Setelah masuk laman WiFi, arahkan ke menu “Status”, kemudian pilih “Wireless Status” untuk memasuki menu  Client List”. Pada halaman ini, akan disajikan kuantitas perangkat yang terhubung ke WiFi Indihome. Lakukan pengecekan secara teliti, jika ada yang mencurigakan bisa dilakukan pemblokiran.

 

Langkah-langkah di atas bisa diterapkan secara mandiri. Namun, jika ditemukan kesulitan, alternatif yang lebih aman bisa bertanya pada ahli yang lebih berpengalaman. Pengguna bisa langsung bertanya ke pihak Indihome yang resmi.

Demikianlah ulasan terkait cara melihat pengguna WiFi IndiHome yang bisa dicoba. Pastikan setiap langkahnya dilakukan secara teliti. Pastikan setiap tahapan tidak terlewati dan dilakukan dengan benar. Selanjutnya, akan diketahui perangkat yang terhubung pada WiFi IndiHome.

Sumber: bidangtekno.com