cara membuat dokumentasi video

Cara Membuat Dokumentasi Video yang Mudah

Cara membuat dokumentasi video. Semakin berkembangnya teknologi yang ada pada saat ini. Oleh karena itulah membuat video dokumentasi bukanlah hal yang sulit lagi untuk dilakukan. Kalian bahkan bisa membuat film dokumentasi hanya bermodal Telepon genggam saja. 

Lalu bagaimanakah cara untuk membuat dokumentasi video yang mudah?Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Langkah langkah membuat video dokumenter yang baik dan benar

cara membuat dokumentasi video

1. Menemukan ide

Kalian tidak perlu pusing memikirkan ide untuk membuat dokumentasi video. Dikarenakan pada dasarnya ide ide itu ada di sekitar kita. Kita hanya perlu untuk sedikit mengembangkannya supaya menjadi lebih menarik dan terkonsep. 

Contoh ide ide yang berasal dari sekitar kita misalnya adalah bentuk keresahan kita terhadap sesuatu. Hal itu bisa berupa keresahan terhadap sebuah benda, orang, ataupun lingkungan yang berada di sekitar kita pada saat itu. 

Setelah kalian mendapatkan list ide yang akan kalian jadikan sebagai video dokumentasi selanjutnya kalian harus mulai memilih subjek yang paling menarik di antara yang lainnya. Usahakan ide tersebut adalah sebuah ide yang belum pernah ada sebelumnya dan jarang disadari oleh banyak orang. 

2. Mengumpulkan Informasi

Video dokumentasi biasanya adalah sebuah video yang berisi tentang suatu informasi. Oleh karena itulah film dokumentasi biasanya berisi tentang fakta fakta. Kumpulkan lah fakta fakta menarik tentang subjek yang kalian pilih. 

Dasar dalam pembuatan video dokumentasi adalah 5W+1H. Setidaknya gunakanlah itu sebagai acuan atau landasan kalian dalam mengumpulkan informasi. 5W+1H adalah What, Who, Where, When, Why dan How. 

Bila diterjemahkan adalah Apa, Siapa, Dimana, Kapan, Mengapa dan Bagaimana (tentang subjek yang kalian pilih). 

3. Membuat Rencana

Rencana sangatlah penting dalam segala hal salah satunya di dalam proses pembuatan video dokumentasi. Karena kalian harus menentukan subjek, alur, target penonton, tim produksi, serta beberapa hal lainnya. 

Untuk mempermudah pembuatan rencana mungkin kalian bisa mengurutkannya dari awal hingga akhir dan membuatnya menjadi bentuk roadmap ataupun to do list. 

4. Membuat Daftar Pengambilan Gambar

Seperti yang sudah di singgung pada poin sebelumnya. Membuat daftar pengambilan gambar bisa memudahkan kalian untuk membuat video dokumentasi. 

Di dalam daftar ini juga kalian bisa menuliskan dengan rinci apa yang harus di shooting, bagaimana cara penyuntingan nya, bagaimana pencegahannya dan lain sebagainya dengan begitu proses akan berjalan lebih tersusun. 

5. Mulai Shooting

Ketika semuanya sudah tersusun secara sempurna tahap selanjutnya tentu adalah proses pengambilan gambar. Untuk hasil yang lebih maksimal kalian juga bisa untuk memanfaatkan jasa dokumentasi video jogja

Pada saat melakukan pengambilan gambar pastikan kalian juga menyesuaikan dengan media penayangannya. 

6. Proses Editing Video

Setelah selesai proses pengambilan gambar tentu langkah selanjutnya adalah melakukan editing video. Editing video di butuhkan untuk menghasilkan video yang lebih menarik dan berkualitas tinggi. Namun bila kalian tidak ingin repot mengedit video tersebut jasa dokumentasi video jogja juga memberikan layanan editing video. 

Di dalam proses editing video inilah kalian dapat menambahkan teks teks, suara, animasi transisi, efek atau filter, dan masih banyak lagi yang bisa ditambahkan untuk mendapatkan hasil yang benar benar berkualitas tinggi serta menarik perhatian. 

7. Penayangan

Yang terakhir adalah penayangan. Setelah video berhasil atau selesai di edit selanjutnya adalah proses penayangan. Kalian bisa menggunakan beberapa platform penayangan mulai dari Facebook, Instagram dan Juga Youtube. 

 

Nah itu semua adalah beberapa langkah langkan dalam proses pembuatan video dokumenter yang dapat kalian terapkan ketika kalian membuat video dokumenter nantinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kalian semua.