Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Di Aplikasi Mobile JKN

BPJS kesehatan adalah jaminan sosial yang pengelolaannya dalam pemerintah itu sendiri, agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas agar memperoleh layanan kesehatan yang jauh lebih baik. Khususnya untuk masyarakat kurang mampu.

Terdapat dua jenis BPJS kesehatan yang dibuat oleh pemerintah Indonesia, yaitu ada BPJS kesehatan yang tidak perlu membayar iuran dan ada juga BPJS Kesehatan yang diharuskan untuk membayar iuran setiap bulannya, bayaran ini umumnya disesuaikan dengan kelas layanan apa yang diambil oleh masyarakat.

Sementara masyarakat yang kurang mampu, iurannya akan ditanggung oleh pemerintah dengan alur bantuan sosial. Perlu kalian ketahui pada saat ini BPJS kesehatan adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh warga Indonesia, artinya setiap warga Indonesia wajib melakukan pendaftaran BPJS.

Jika kalian belum termasuk kedalam anggota BPJS kesehatan tidaklah khawatir, sebab sekarang ini BPJS kesehatan sudah memudahkan kita dalam proses pendaftaran sehingga tidak perlu lagi mengantri di kantor BPJS. Lantas bagaimna cara melakukan pendaftaran BPJS kesehatan tanpa harus mengantri?

Cara Daftar BPJS Pada Aplikasi Mobile JKN

Cara untuk mendaftar BPJS sekarang ini sangatlah mudah, sebab kalian bisa melakukan pendaftaran BPJS melalui aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini bisa kalian download di Google Play Store atau AppStore.

Dengan aplikasi mobile JKN ini peserta bisa mengakses beragam fitur yang bisa memudahkan peserta dalam mencari layanan kesehatan seperti konsultasi dokter atau skrining kesehatan.

Hal yang harus disiapkan dalam melakukan pendaftaran BPJS secara online, yaitu mulai dari mempersiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), nomor ponsel, dan alamat email.

Setelah persyaratan kalian lengkap, langkah selanjutnya kalian bisa perhatikan langkah-langkah mendaftar BPJS secara online:

  • Jika aplikasi mobile JKN sudah berhasil kalian download, maka untuk melakukan pendaftaran kalian bisa buka terlebih dahulu aplikasi nya
  • Kemudian klik “Daftar”
  • Pilih “Pendaftaran Peserta Baru”
  • Setelah itu kalian baca terlebih dahulu bagian ketentuan pendaftaran, lalu klik bagian “Setuju”
  • Lalu masukkanlah NIK KTP, dan ketikan kode captcha yang muncul. Maka setelah itu halaman smartphone akan memunculkan daftar data keluarga dari calon peserta BPJS.
  • Isikan data diri, dan klik “Selanjutnya”
  • Selanjutnya pilihlah faskes atau fasilitas kesehatan yang kalian inginkan, termasuk fasilitas dokter gigi
  • Masukan alamat email aktif kemudian klik “Simpan”
  • Maka akan muncul kode verifikasi melalui email yang sudah kalian daftarkan
  • Cek pesan email yang masuk lalu salinlah kode verifikasi itu ke dalam aplikasi Mobile JKN
  • Maka, peserta akan memperoleh “Virtual Account” yang digunakan dalam pembayaran premi

Akhir Kata

Itulah cara proses mendaftar BPJS kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN yang sudah dirangkum oleh Beritaseputarkuningan.com.

Cara ini jauh lebih praktis dan mudah untuk dilakukan, sebab menggunakan aplikasi Mobile JKN dalam mendaftar BPJS ini kita tidak perlu mengantri lama di kantor BPJS.

Terima Kasih