Cara Mengatasi Lantai Granit yang Tergores

Untuk kamu yang selalu memperhatikan keindahan terhadap lantai rumah tentunya goresan merupakan hal yang terburuk. Terutama goresan pada lantai yang berbahan granit tentu saja membuat tampilan pada rumah akan terganggu. Goresan pada lantai seiring waktu cenderung akan menumpuk dan semakin banyak. Goresan tersebut disebabkan oleh kegiatan seperti memindahkan barang. Selain itu goresan dapat terjadi, di beberapa kegiatan yang tidak kita sadari.  

Jika rumah kamu mengalami masalah terhadap lantai granit yang terdapat banyak goresan maka coba perbaiki goresan pada lantai tersebut. Walaupun caranya lumayan rumit namun kamu dapat mengerjakanya sendiri. Sehingga lantai granit akan terlihat berkilau lagi dan bebas dari goresan.

Berikut ini pembahasan mengenai cara mengatasi lantai granit yang tergores:

1. Pembersihan 

Menghilangkan goresan di lantai granit harus secepatnya dilakukan. Karena, granit memiliki lapisan pelindung yang selalu membuat lantainya mengkilap licin. Jika goesanya terlalu dalam maka akan ada kemungkinan noda masuk dalam celah goresan. Karena granit tidak sepenuhnya kedap terhadap kotoran. 

Terlebih kalua goresan terkena cairan pekat seperti tinta atau kopi, ini akan sulit untuk dihilangkan. Jadi usahakan untuk secepatnya membersihkan goresan pada granit tersebut. Pastikan goresannya bersih, kamu dapat menggunakan wax stripper dalam pembersihan.

2. Pengisian goresan 

Untuk mengisi bekas goresan yang lumayan dalam kamu dapat menggunakan katalis, resin dan pewarna, pastikan warnanya sesuai dengan granit. Untuk menyamarkan bekas goresan pada granit memang lumayan susah, ditambah jika granit kamu berwarna terang. Harus jeli dan pintar dalam mencari warna yang sesuai dengan granit. Sebelum mencoba langsung di granit coba dulu di tempat lain untuk mengetes perkiraan warna dari campuran resin, katalis dan pewarna tadi. 

3. Grinding

Setelah proses pengisian goresan pada granit sudah kering, langkah yang selanjutnya yaitu melakukan grinding. Proses grinding dikerjakan untuk meratakan goresan-goresan yang terdapat pada lantai. Grinding lantai granit dengan diamond disk kemudian ganti diamond dengan yang lebih halus secara bergantian. Caranya gunakan diamond disk pada awalan menggunakan tekstur yang kasar setelah itu dilanjutkan dengan diamond disk dengan tekstur yang halus.

Lakukan cara tersebut secara berulang-ulang hingga goresan tersebut berkurang dan rata. Untuk mengecek gunakan logam, kemudian gesek-gesekan logam pada isian yang sudah di grinding. Jika masih bergelonjol maka belum rata dan harus di grinding ulang. 

4. Pewarna ulang

Proses pewarnaan ulang ini perlu dilakukan jika kamu terlanjur menggunakan warna yang berbeda dalam menambal granit yang tergores. Dan mencari warna yang benar benar sesuai dengan granit. 

5. Kristalisasi 

Kristalisasi merupakan langkah memberikan lapisan kristal pada granit dengan menggunakan cairan tertentu. Cairan hampir mirip dengan lapisan sanding pada kayu yang diberikan sebelum coating. 

6. Pelapisan akhir 

Supaya langkah kristalisasi sebelumnya dapat bertahan lama maka kamu harus menambahkan lapisan coating sebagai pelindung akhir.  

Berikut ini beberapa catatan yang harus kamu perhatikan dalam menghilangkan goresan pada lantai

Pada proses grinding

  • Jika goresan terjadi di area yang luas, seperti setelah melakukan renovasi, maka kamu harus melakukan grinding pada seluruh lantai rumah. 
  • Untuk ringan kamu dapat melakukan gerinda biasa, namun jika luas goresannya maka menggunakan mesin buffing
  • Gunakan diamond disk dari ukuran 30 paling kasar perlahan ke lebih halus 100, 500, 1000, hingga 2000. 
  • Proses grinding akan mengikis lapisan paling atas granit sehingga akan menipis

Pada proses kristalisasi

  • Setelah lantai di grinding kemudian taburkan serbuk kristal ke lantai, kemudian bilas dengan mesin buffing. 
  • Lakukan hingga serbuk kristal tergilas semua hingga mengkilap. 

Pada proses finishing 

  • Coating paling atas tersedia dalam bentuk cream
  • Cara menggunakanya dengan mengoleskan ke lantai secara merata
  • Tunggu hingga 30 menit
  • Gunakan mesin buffing yang sudah dipasangi steel wool untuk meratakan lapisan ini. 

Selain membutuhkan waktu dan ketelitian yang ekstra, kamu juga menggunakan alat-alat yang harganya tidak murah. Jika kamu masih ragu-ragu untuk menghilangkan goresan granit sendiri, maka kamu dapat mengandalkan orang yang lebih profesional seperti jasa cuci karpet Makassar. Biayanya juga akan lebih murah dibandingkan kamu harus membeli peralatan secara sendiri dan belum tentu kamu dapat menggunakannya dengan baik. 

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi lantai granit yang tergores, semoga dapat bermanfaat.