Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Dagang

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Dagang

Surat perjanjian kerjasama merupakan salah satu surat terkait ketentuan yang disepakati dua pihak khususnya dalam melakukan rencana. Surat ini dapat berupa bisnis, dagang dan lainnya. Dalam hal ini sering dikenal dengan Memorandum of Understanding (MoU).

 

Jenis Surat dalam Perjanjian Kerjasama

Surat biasanya berisikan perjanjian kewajiban dan hak dari kedua pihak. Hal ini bersifat terikat yang disertai dengan tanda tangan bermaterai serta saksi yang melihat dengan jelas. Berikut merupakan jenis surat yang ada dalam perjanjian kerjasama.

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Dagang

1. Surat Kerjasama Proyek

Setiap adanya proyek dan ingin bekerja sama, maka harus membuat surat kerjasama proyek dahulu. Surat ini berisikan seluruh aktivitas yang akan dilakukan saat ada proyek. Hal tersebut mencakup seperti jenis proyek, biaya dan ketentuan lainnya.

2. Surat Usaha Bersama

Surat usaha bersama berisikan terkait untuk menjalankan sebuah usaha secara beriringan. Usaha bersama di dalam surat tersebut berisikan tujuan surat, syarat, identitas dan lainnya. Tentu harapan akhirnya untuk dapat bekerja sama membangun sebuah usaha lanjutan.

3. Surat Kerjasama Antar Jasa

Kerjasama antar jasa berguna untuk memberikan perjanjian dalam menggunakan SDM. Hal ini bisa saja karena SDM tersebut sangat unggul sehingga dibutuhkan tenaga kerja yang memadai. Surat tersebut berisikan lingkup kerja, waktu pekerjaan, hak kewajiban dan lainnya.

4. Surat Kerjasama Perusahaan

Surat kerjasama perusahaan merupakan ikatan antar 2 perusahaan yang menjalin hubungan dalam hal bisnis. Pembuatan MoU yang terjadi meliputi hak kewajiban, lingkungan kerjasama, biaya dan lainnya. Tentunya sebelum melakukan tanda tangan harus mengecek kembali.

5. Surat Kerjasama Investasi

Kerjasama surat ini mengedepankan investasi dengan membuat kerjasama antar perusahaan. Hal yang wajib dicantumkan seperti syarat, ketentuan dan nilai investasi tersebut. Rancangan anggaran biaya juga diperlukan secara detail dan rinci untuk membuat investor percaya.

6. Surat Kerjasama Dagang

Surat kerjasama dagang diperuntukkan bagi pihak dalam hal perdagangan. Hal tersebut menunjukan agar mengurangi risiko kerugian atau penipuan. Hal yang perlu dicantumkan pada surat ini yaitu identitas kedua pihak, ruang lingkup, syarat dan lainnya.

 

Surat Perjanjian Kerjasama Dagang

Saat melakukan usaha khususnya dagang terkadang perlu beberapa pihak terkait. Hal ini bertujuan agar usaha yang dimiliki menjadi lebih maju dan berkembang. Berikut merupakan contoh surat kuasa perjanjian kerjasama dagang sesuai hukum bisnis yaitu.

 

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA DAGANG

 

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                        : Arief Farhan Maulana

Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 28 Agustus 1993

Tanda Pengenal : 6173046289387801

Alamat                        : Jalan Ahmad Yani Gg. Bukti Segedong No. 24 Kelurahan Jakarta Barat, Kecamatan Jakarta Barat – Kota Jakarta

Selanjutnya disebut Pihak Pertama

Nama                        : Maulana Farhan Arief

Tempat/Tanggal Lahir : Bogor, 18 Desember 1983

Tanda Pengenal : 6171093289846873

Alamat                        : Jalan Kota Baru Ujung Persimpangan jl. Perdamaian Gg. Bukti Barisan No. 21 Kelurahan Jakarta Barat, Kecamatan Jakarta Barat – Kota Jakarta

Selanjutnya disebut Pihak Kedua

Isi Surat Perjanjian Kerjasama:

  1. Pihak Pertama dan Pihak Kedua telah menyepakati untuk melakukan usaha di bidang pakaian dengan modal awal yang diberikan sebesar Rp. 100.000.000,- (Seratus Juta Rupiah)
  2. Setiap pihak akan mendapatkan keuntungan dari bisnis sebesar 50%. Keuntungan tersebut dapat dihitung ketika usaha telah berjalan selama 3 bulan mendatang. Bulan selanjutnya dapat dihitung per 1 bulan
  3. Hak-hak yang disepakati akan gugur atau tidak sah apabila salah satu pihak mengundurkan diri atau melanggar peraturan yang telah disepakati bersama.

Demikian Surat ini kami buat dengan kesadaran penuh dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun serta ditandatangani di atas Materai 10.000.

Jakarta, 13 Januari 2023

Pihak Pertama

 

Arief Farhan Maulana

Materai

10.000

Pihak Kedua

 

Maulana Farhan Arief

Berikut merupakan contoh surat perjanjian kerjasama dagang selama melakukan transaksi. Kehadiran surat perjanjian ini agar mampu melakukan usaha dagang menjadi lebih untung serta maju kedepan. Harapannya agar digunakan sebagaimana mestinya.