bakso ikan

Ini Dia Resep Bakso Ikan Tuna yang Enak dan Tidak Amis

Resep bakso ikan dalam pembuatannya perlu memperatikan jenis ikan yang digunakan, karena umumnya tidak semua jenis ikan bisa diolah menjadi bakso. Jadi kamu juga harus bisa menyesuaikan ikan apa yang akan digunakan. Disamping itu saat ini bakso ikan telah jarang ditemui. Dengan adanya resep ini semoga kamu bisa mengolah dan mempergunakannya dengan bijak ya.

Dengan jarangnya penjual bakso ikan, resep ini bisa kamu jadikan senjata untuk kemudian kamu ambil peluangnya. Supaya kamu juga bisa membuka usaha sendiri dari bakso ikan ini. untuk mendapatkan resepnya kamu bisa terus menyimak artikel ini sampai habis ya. Karena disini saya akan membagikan resep bakso ikan. So, silahkan disimak ya!

 

Bakso Ikan

bakso ikan

Jika biasanya kamu menemukan bakso yang diolah dari daging sapi, kini bakso juga bisa diolah dengan menggunakan ikan. Jadi olahan yang dibuat menjadi bulatan bakso ini menggunakan daging ikan yang tentunya sudah dipastikan cocok dan serasi untuk dibuat menjadi bakso ikan. Dan pada pengolahannya tentu saja memerlukan beberapa bahan pendukung lainnya.

Pembuatan bakso jika diproduksi dalam jumlah yang besar kamu bisa menggunakan mesin pembuat bakso. Karena biasanya pembuatan bakso dilakukan dengan manual menggunakan tangan, maka itu akan sangat memakan waktu dalam pembuatannya.

Rasa yang ditawarkan dari bakso ikan dan bakso sapi tentu saja berbeda, dengan perbedaan ini kamu jadi bisa mengetahui seleramu. Karena bahkan bentuk fisik dan tampilan dari bakso ikan juga terlihat berbeda dengan daging sapi. Namun pada penyajian keduanya masih tetap sama, yaitu dengan menggunakan mie dan bumbu pelengkap lainnya.

 

Resep Bakso Ikan

resep bakso ikan

Untuk membuat bakso ikan terlebih dahulu kamu harus menentukan jenis ikan apa yang ingin digunakan, namun biasanya dalam pemasaran ikan tuna. Dengan begitu maka resep yang akan saya tampilkan disini merupakan resep bakso ikan tuna, seperti berikut.

Bahan Bahan :

  • 250 g tepung tapioka
  • 1 kg ikan tuna
  • 10 siung bawang putih
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdt garam dan merica

Cara Membuat :

  1. Dalam pembuatan bakso ikannya kamu bisa membersihkan ikan tuna yang digunakan terlebih dahulu, setelah itu kamu bisa memfillet ikan.
  2. Setelah sudah dibersihkan dan di fillet, ikan yang digunakan bisa langsung digiling sampai halus. Pada penggilingannya kamu bisa menggunakan mesin giling daging.
  3. Ketika daging ikan tuna sudah digiling, haluskan semua bumbu yang disiapkan, kemudian baru dicampurkan dengan menggunakan daging ikan tuna.
  4. Selanjutnya pada adonan tadi tambahkan semua tepung untuk diaduk rata dengan gilingan daging ikan tuna.
  5. Jika sudah masaklah air sampai benar benar mendidih, kemudian buat adonan bakso menjadi bulatan dan dimasak dalam air panas tadi. Lakukan pengolahan adonan bakso sampai adonan habis.
  6. Dalam pemasakan bakso tadi, kamu bisa memasaknya sampai bakso sudah matang dan mengapung. Lalu angkat bakso dan bakso pun bisa diolah kembali menjadi sebuah makanan.

Pada resep bakso ikan ini, setelah baksonya sudah jadi kamu bebas untuk mengkreasikan bakso yang ada. Jadi kamu bisa menggorengnya, membakarnya, atau bahkan bisa juga kamu jadikan santapan bakso dengan kuah berkaldu yang enak. Lagi lagi disini kreatifitas dari pemikiranmu akan makanan harus dikeluarkan.

Untuk memasaknya kamu harus bisa berhati hati, karena umumnya ikan memiliki duri. Jadi saat membersihkannya kamu juga harus bisa mengupayakan supaya ikan yang digunakan sudah terbebas dari duri. Selain itu karena ikan memiliki bau amis yang cukup mengganggu, sebelum pengolahannya kamu bisa merendam ikan yang akan digunakan dengan menggunakan air garam terlebih dahulu.

 

Penutup

Resep bakso ikan kali ini benar benar membagikan cara pembuatan bakso ikannya saja. Jika kamu memiliki jenis ikan lain yang akan digunakan dalam membuat bakso ikan, kamu tetap bisa menggunakan resep yang saya bagikan. Namun banyaknya bahan yang digunakan harus kamu modifikasi. Karena jenis ikan yang berbeda tentu memiliki rasa yang berbeda.

Itulah tadi pembahasan mengenai resep bakso ikan yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba resepnya ya!