genteng metal

Jangan Sembarangan, Inilah Tips Perawatan Genteng Metal Agar Kuat Berbagai Kondisi Cuaca

Genteng pada rumah menjadi komponen yang cukup penting untuk melindungi berbagai kondisi cuaca baik panas maupun hujan. Dalam pemasangannya sendiri perlu untuk melakukan berbagai pertimbangan terutama mengenai cara perawatan yang harus dilakukan. Tidak sedikit orang yang mengabaikan perawatan pada atap rumah karena dianggap kurang penting atau justru tidak diperlukan. Padahal hal itu bisa menjadi salah satu faktor masa pakai lebih lama pada atap. Masing-masing jenis genteng memiliki cara perawatan berbeda pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara merawat genteng metal yang tepat.

Sebenarnya bukan menjadi sebuah masalah besar ketika Anda tidak memperhatikan bagian genteng atap rumah. Namun akibat kebiasaan tersebut seringkali genteng rumah mengalami berbagai masalah seperti mudah bocor, mudah berlumut mudah berkerak ataupun beberapa hal lainnya. Supaya masa pakai lebih lama dan tentu lebih aman dari berbagai masalah bisa melakukan perawatan jenis genteng metal seperti berikut ini.

genteng metal

1.    Membersihkan genteng secara teratur dari beberapa kotoran baik debu ataupun daun-daun yang bisa menghalangi aliran air dan beberapa kotoran lainnya.

2.    Jika genteng mengalami kerusakan ada baiknya untuk segera memperbaiki sebelum merambat ke genteng-genteng lainnya dan mengakibatkan masalah besar.

3.    Bila Anda memiliki pohon-pohon besar di rumah ada baiknya untuk menghindari genteng dari berbagai ranting yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada atap.

4.    Ketika mengalami kebocoran pada genteng metal ada baiknya untuk segera memperbaiki dengan cara mengganti atau menambah melalui beberapa cara yang bisa dilakukan.

 

Di atas merupakan beberapa poin yang menjadi kelebihan dan tips mudah untuk melakukan perawatan pada genteng jenis metal supaya lebih tahan lama ketika digunakan. Sebenarnya untuk jenis metal sendiri lebih dikenal memiliki ketahanan kebocoran baik daripada bahan lainnya namun tanpa perawatan dan penggunaan yang tepat tentu tidak akan menjadikan genteng lebih tahan lama. Makanya itu penting sekiranya melakukan beberapa tahapan sederhana seperti di atas untuk membuat genteng tetap stabil digunakan dan tidak mengalami masalah.