Jawaban dari Berapa Langkah Cuci Tangan yang Baik dan Benar

Cuci tangan menjadi salah satu upaya untuk menjaga kebersihan agar tidak mudah terserang penyakit. Banyaknya kuman dan bakteri yang menempel pada telapak tangan membuat kita rentan mengalami masalah kesehatan apabila cara mencuci tangan kurang tepat. 

Setelah beraktivitas seharian, banyak kotoran dan debu yang mengandung bakteri maupun kuman yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti diare. Itulah mengapa pentingnya mengetahui cara yang baik dan benar dalam mencuci tangan.

Selama ini, Anda mungkin mengetahui beberapa versi cara dalam mencuci tangan, ada yang 3 cara, 6 cara hingga 7 cara. Lantas, apa jawaban dari berapa langkah cuci tangan yang baik dan benar? Cara mencuci tangan yang baik dan benar seringkali melibatkan 6 langkah.

Tangan menjadi sumber bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Apalagi kita memegang banyak barang, seperti uang tunai, pegangan tangga, gagang pintu, ponsel dan lain sebagainya jadi cara cuci tangan harus dilakukan dengan benar. 

Berikut ada 6 langkah cuci tangan yang wajib Anda lakukan untuk menghilangkan kuman dan bakteri secara maksimal. 

1. Basahi kedua tangan dengan air mengalir, khususnya pada bagian telapak tangan hingga pertengahan lengan.

2. Tuangkan sabun secukupnya ke telapak tangan lalu gosok-gosok kedua tangan hingga buihnya menutupi seluruh permukaan tangan.

3. Gosok kedua telapak tangan dan punggung secara bergantian, kiri dan kanan. Gosok pula ruas-ruas jari tangan dan sela-sela jari hingga bersih. Jangan lupa untuk membersihkan bagian bawah kuku di kedua tangan beserta ibu jari tangan secara memutar. 

4. Cuci tangan sebaiknya dilakukan minimal 20 detik atau setara dengan waktu bernyanyi “Selamat Ulang Tahun” sebanyak 2 kali. 

5. Bilas tangan menggunakan air mengalir dan pastikan sudah tidak ada sabun yang tersisa.

6. Keringkan tangan dengan tisu, handuk bersih atau di bawah hand dryer. 

 

Ketika Anda sedang mencuci tangan, pastikan untuk melakukan 6 langkah di atas dengan baik dan benar agar semua bakteri hingga kuman yang menempel pada tangan bisa segera hilang.