kepiting alaska

Kepiting Alaska Mahal? Ini Dia Sebabnya!

Bagi pecinta seafood, pasti sudah terbiasa dengan harga mahal untuk bisa mencicipi masakan enak dan menyehatkan tersebut. Namun belum mahal harganya jika belum membeli kepiting Alaska atau Alaskan King Crab. Kepiting satu ini juga memiliki nama lain The Holy Crab untuk berbagai alasan salah satunya karena harganya yang fantastis. Satu kilo Alaskan crab bisa dijual seharga Rp. 1 juta hingga Rp. 1,5 juta. Satu ekor Alaskan Crab sendiri bisa memiliki bobot hingga 9 kg. Cangkang pelindung tubuhnya bisa memiliki diameter mencapai 25 cm. Sedangkan kaki kepiting yang berjumlah 5 pasang bisa memiliki panjang hingga 150 cm. Terbayang kan besarnya.

Dari bentuk dan bobotnya yang besar saja, pasti semua setuju kalau kepiting ini memiliki harga yang mahal. Namun ada sebab-sebab lain yang ternyata membuat kepiting ini dijual dengan harga fantastis dan dijuluki The Holy Crab. Berikut ini sebabnya.

kepiting alaska

1.    Alaskan Crab berhabitat di lepas pantai Alaska Amerika Serikat sehingga jika Anda memakannya di Indonesia itu berarti ada proses impor yang dilakukan untuk memperolehnya.

2.    Waktu yang memungkinkan untuk memanen Alaskan Crab adalah di musim dingin yaitu di bulan Oktober dan Januari. Padahal Alaska sendiri adalah Kawasan yang dingin dan tertutup salju sehingga para nelayan harus siap dengan cuaca ekstrim ketika mencari kepiting ini. Dalam proses pencariannya, tak jarang nelayan harus menghadapi bahaya yang bisa menyebabkan kematian.

3.    Waktu mencari kepiting Alaska sangat singkat yaitu hanya 4 hari saja dimana para kepiting keluar dari sarangnya untuk mencari makan. Dalam 4 hari ini, nelayan berusaha mendapatkan kepiting sebanyak banyaknya atau harus menunggu sampai musim dingin berikutnya.

4.    Harga yang mahal harus setara dengan rasanya. Alaskan Crab dikenal memiliki rasa yang gurih meski hanya direbus saja tanpa penambahan bumbu.

 

Di Indonesia sendiri harga Alaskan Crab yang mahal membuatnya jarang bisa dinikmati masyarakat umum. Alaskan Crab mulai dikenal luas setelah dijadikan konten oleh Sisca Kohl beberapa waktu lalu. Anda tertarik untuk mencicipinya?