Ketahui Cara Memberi Makan Ikan Cupang 

Ketika kamu sudah memutuskan untuk merawat ikan cupang atau bahkan budidaya ikan cupang, maka kamu harus memberikan makan secara teratur dan baik. Dengan pemberian makan secara teratur dan baik bisa meningkatkan kesehatan ikan cupang sekaligus ikan cupang bisa tumbuh dengan maksimal terutama pada sirip dan ekor yang tetap indah.

Pemberian makan bukan hanya sekadar jenis makan ikan cupang saja yang perlu kamu perhatikan, tetapi cara memberi makan ikan cupang juga harus diperhatikan terutama waktu pemberian makan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui pola makan dari ikan cupang yang dipelihara. 

Tanpa berlama-lama lagi, kamu bisa simak beberapa cara memberikan makan ikan cupang agar ekor dan siripnya tetap memiliki warna yang indah serta ikan cupang bisa hidup lebih lama.

 

Cara Memberi Makan Ikan Cupang

Tentukan Jadwal Makan

Dikutip dari berbagai macam sumber, waktu ideal untuk memberi makan ikan cupang adalah dua kali sehari. Adapun kamu bisa memberinya pada pagi hari dan sore hari atau pagi dan malam hari. Dari kedua waktu itu, kamu bisa memilih yang pas dan pastikan tidak mengganggu kesibukan yang sedang kamu kerjakan. 

Apabila ikan cupang diberi makan cukup sering tak menutup kemungkinan ikan cupang akan jatuh sakit. Ikan cupang akan terlihat sehat, pertumbuhannya maksimal, dan siripnya tetap memancarkan warna yang indah ketika pemberian makan dilakukan secara teratur. Selain menentukan jadwal makan, kamu juga harus mengetahui jenis ikan cupang.

Membersihkan Sisa-Sisa Makanan 

Kondisi akuarium ikan cupang harus kamu pastikan selalu bersih, sehingga ikan cupang tidak mudah terkena penyakit. Selain dari kotoran ikan cupang, ternyata akuarium yang kotor bisa disebabkan oleh makanan yang sisa. 

Makanan ikan cupang yang masih tersisa di akuarium bisa membahayakan ikan cupang itu sendiri karena mengandung bakteri yang tidak baik. Selain itu, ikan cupang bisa saja makan makanan yang basi dan membuatnya sakit. 

Jadi, kamu harus sering memperhatikan kondisi kebersihan dari akuarium, apakah masih ada sisa-sisa makanan atau tidak. Dengan melakukan hal itu secara rutin, akuarium menjadi tidak mudah kedatangan bakteri dan ikan cupang bisa hidup lebih lama. 

Pastikan Memberikan Makan dengan Jenis yang Berbeda-Beda

Ikan cupang memang sangat membutuhkan protein supaya kondisi siripnya tetap terlihat cantik. Namun, dalam memberi makan ikan cupang, kamu tidak boleh terlalu sering memberinya dengan jenis makanan yang sama. Dengan kata lain, makan diberikan harus bervariasi, contoh kamu sering memberikan makan cacing sutra setiap hari, maka pada satu minggu sekali kamu bisa memberikan makan udang. 

Mengapa harus memberi makan ikan cupang dengan jenis pakan yang berbeda? Mungkin hal itu sering muncul ketika merawat ikan cupang, hal ini perlu dilakukan agar sistem imunitas dari tubuh ikan cupang tetap terjaga. Selain itu, pemberian makan yang bervariasi bisa meningkatkan nafsu makan ikan cupang. 

Perhatikan Banyaknya Makanan yang Diberikan

Tak selamanya ikan cupang akan menghabiskan makan yang sudah kita berikan. Oleh karena itu, ketika memberi makan ikan cupang harus memperhatikan banyaknya makanan ikan cupang. Makanan ikan cupang yang diberikan dengan takaran pas tidak akan menyisakan makanan di akuarium, sehingga akuarium tetap bersih. 

Banyaknya makanan yang akan diberikan ini bisa kamu lihat dari aktivitas ikan cupang. Apabila ikan cupang memiliki banyak gerak, maka jumlah makanan lebih banyak, begitu juga sebaliknya. Bahkan, makanan yang berlebih bisa mengganggu kesehatan dari ikan cupang, seperti ikan kegemukan, sembelit, dan lain-lain.

 

Itulah beberapa cara memberikan makan yang harus kamu perhatikan dan bisa dipraktekkan di rumah. Ketika kamu sudah melakukan langkah-langkah tersebut, ikan cupang tidak mudah terkena penyakit dan kamu pun tetap bisa melihat indahnya sirip ikan cupang lebih lama.