Keutaman yang Diperoleh dari Membaca Alquran Saat Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat muslim, bulan dimana amalan ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlipat dibanding bulan biasanya, bahkan tidur pada saat melakukan puasa ramadhan juga akan diberikan pahala oleh Allah SWT. jika tidur saja mendapat pahala, lantas bagaimana dengan amalan ibadah ain seperti puasa, sholat sunnah, dan tadarus al quran ya.

Artikel Lainnya: Tips mencari guru ngaji ke rumah yang bagus untuk anak

Nah, kegiatan ibadah yang kerap kali dilakukan ketika Bulan Ramadhan adalah membaca Al Quran atau tadarus Alquran. Nabi SAW bersabda, barang siapa yang membaca satu huruf Alquran akan mendapat kebaikan yang berlipat ganda menjadi sepuluh kebaikan. Dalam hadist tersebut juga dijelaskan bahwa hitungannya seperti alif lam mim yang dihitung menjadi tiga huruf. Begitulah hitungan pahala yang diberikan Allah SWT. Pahala yang diberikan saat membaca Alquran tidak lagi diberikan satu kalimat atau satu kata, tetapi dihitung berdasarkan hurufnya. Tidak terhitung ya berapa pahala yang kita dapatkan kalau kita mampu meng-khatam-kan bacaan Alquran, utamanya ketika kita membaca Alquran pada saat Bulan Ramadhan.

Memperbanyak membaca Alquran pada Bulan ramadhan sudah dicontohkan sejak lama, yakni pada masa khalifah Umar bin Khattab. Selain itu, Bulan Ramadhan sebagai bulan dimana Alquran diturunkan, tak heran kalau membacanya akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda. 

Sumber lain juga menyebut, bahwa muslim yang membaca Alquran meskipun dengan terbata-bata, ia akan tetap mendapatkan pahala dan kebaikan dari Alquran.

Namun ternyata selain mendapatkan pahala yang berlipat, membaca Alquran memiliki keutamaan-keutamaan lain, diantaranya: 

Mendatangkan syafaat pada hari kiamat

Membaca Alquran apabila kita mengetahui dan mempelajari sesuai tafsir yang ada akan mendatangkan kebaikan untuk kita di dunia, yakni sebagai pedoman dalam berperilaku di kehidupan. Pasalnya di dalam Al Quran dituliskan hal-hal yang halal-haram, boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan menurut Islam.

Tentu ketinggalan, membaca Alquran akan mendatangkan kebaikan di akhirat kelak. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim disebutkan, siapa yang membaca Alquran maka Al Quran akan mendatangkan syafaat kepada pembacanya kelak di yaumul qiyamah.

Pembaca Alquran akan dikumpulkan bersama dengan malaikat di surga Allah SWT

Disebutkan hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim bahwa, orang-orang yang membaca Alquran dengan mahir dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan, kelak akan bersama dengan malaikat-malaikat Allah SWT.

Derajatnya diangkat oleh Allah SWT

Orang-orang yang senantiasa membaca dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari, akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT setinggi-tingginya dan dengan kitab ini juga Allah rendahkan kaum lain. Hal ini juga disebutkan dalam sebuah hadist Riwayat Muslim.

Al Quran menentramkan hati

Alquran merupakan cara mendekatkan diri kepada Allah selain melakukan ibadah shalat, di dalam Alquran terdapat asma Allah yang bila kita sebut akan menggetarkan hati. Dalam berbagai sumber disebutkan bahwa membaca Alquran merupakan zikir yang paling dianjurkan. Membaca Alquran akan membawa ketenangan dan ketentraman hati. Apalagi pada Bulan Ramadhan, apabila sedang melakukan ibadah shalat malam, boleh dicoba dengan membaca Alquran setelahnya. Malam hari yang tenang dengan bacaan Alquran akan membuat kita menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

Baca Juga: Rekomendasi Guru Les Ngaji Terbaik di Indonesia

Nah, itu tadi beberapa keutaman-keutaman lain yang didapat ketika kita membaca dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya masih banyak keutamaan membaca kitab suci agama Islam ini, Insyaa Allah dilanjut artikel selanjutnya.