Lebih Bagus Mana Sepatu Bola Kulit atau Sintetis?

Eksistensi dari sepatu sepak bola yang terbuat dari bahan kulit asli mulai menurun seiring dengan adanya produk sepatu bola dari kulit sintetis. Berbagai inovasi yang telah dilakukan para produsen sepatu bola dan dapat menghasilkan bahan yang ringan, tahan lama, dan mudah diproduksi. Masih banyak juga yang menjadi penggemar dari sepatu bola berbahan kulit. Namun tidak sedikit juga yang lebih memilih sepatu berbahan sintetis. 

Biasanya orang orang yang terpikat menggunakan sepatu sintetis karena memiliki desain yang lebih modern dari sepatu kulit. Ditambah dengan bahan dari sepatu sintetis yang lebih ringan dibandingkan dengan sepatu kulit. Ini yang membuat ketika para pemain bermain bola akan mudah mengontrol dan menggiring bola. Berikut ini perbedaan utama dari sepatu sepak bola antara sepatu kulit dan sepatu sintetis. 

1. Sepatu kulit asli 

Karena sepatu kulit terbuat dari bahan alami maka memiliki beberapa keunggulan dari sepatu sintetis. Saat pertama kali membeli dan menggunakan sepatu kulit ini mungkin akan terasa kurang nyaman. Memang sepatu modern tidak memiliki masalah-masalah seperti ini. 

Tetapi sepatu kulit membutuhkan sedikit waktu untuk menyesuaikan bentuk kaki penggunanya secara sempurna. Sementara itu semakin lamanya usia sepatu tersebut maka kulitnya akan cenderung melar. Ditambah beberapa jenis kulit juga memiliki sifat menyerap air, kondisi tersebut tentunya akan menambah masalah. Hal yang ditawarkan dari sepatu bola berbahan kulit yaitu memiliki perlindungan yang baik.  

Hal ini dikarenakan sepatu kulit memiliki bantalan yang lebih berkualitas daripada sepatu sintetis. Kini banyak produsen sepatu sepak bola kulit modern yang mencoba untuk menyelesaikan masalah mengenai sepatu bahan kulit yang tidak dapat tahan terhadap air. Yaitu dengan menciptakan kulit yang hidrofobik, artinya bahan seperti ini tidak dapat untuk menyerap air. 

2. Sepatu sintetis

Munculnya sepatu berbahan sintetis tidak dapat langsung terjadi hanya dalam waktu semalam. Produsen telah melakukan rangkaian modifikasi dan proses untuk menghasilkan bahan yang lebih baik. Proses riset terus dilakukan supaya tercipta bahan yang berkualitas dan terbaik untuk memproduksi sepatu sepak bola. 

Beberapa perusahaan ternama banyak memilih menggunakan bahan sintetis untuk dijadikan sepatu bola, karena beberapa alasan yaitu memiliki harga yang murah. Selain itu bahan sintetis memiliki warna dan model yang lebih baik dari pada sepatu yang berbahan dari kulit asli. Desain dan warna dari sepatu kulit lebih cepat pudar berbeda dengan sepatu sintetis yang jauh bertahan lama. Bahan sintetis juga telah didesain anti air sehingga tetap kering jika digunakan pada lapangan yang basah. 

Salah satu keunggulan lain dari sepatu sintetis yaitu lebih mudah ketika dibersihkan dari kotoran apapun. Tetapi satu masalah yang dimiliki oleh sepatu sintetis yaitu ialah ketika sepatu tersebut basah, karena ketika basah sepatu ini menjadi licin. Hal ini dapat membuat penggunanya akan kesulitan dalam mendapat sentuhan yang pas ketika menggiring bola. 

Sebetulya sepatu sepak bola dengan bahan sintetis mudah untuk ditiru, artinya produsen dapat membuat produk palsu dengan menggunakan produk bermerek ternama. Apalagi barang tiruan tersebut dapat dijual dengan harga yang lebih murah dibawah harga produk yang asli. 

 

Tips memilih sepatu bola 

1. Pelajari produk dari setiap merk

Pelajari produk yang dikeluarkan dari produsen sepatu bola, ini dapat membantumu dalam menentukan sepatu bola mana yang paling sesuai dengan yang kamu inginkan. Biasanya sepatu bola yang banyak dicari adalah sepatu yang memiliki model dan corak yang sama dengan yang digunakan oleh pemain idola. Selain mempelajari produk dari masing-masing merek, kamu juga dapat mencari referensi mengenai bahan yang digunakan dalam pembuatan sepatu. 

2. Pilih sepatu yang memiliki bahan yang bagus

Walaupun bahan yang bagus seringkali memiliki harga yang mahal, tetapi dapat menjadi pilihan yang bijak mengingat performa di lapangan ditentukan oleh sepatu yang digunakan. Tentunya kamu tidak mau selama bertanding sepatu yang digunakan terasa tidak nyaman. Bahkan beberapa jenis bahan sepatu dapat membuat kulit terkelupas karena gesekan antara bahan sepatu dan kulit kaki. 

3. Pastikan ukuran sepatu sudah tepat 

Setelah bahan sudah sesuai kemudian pilih ukuran yang sesuai dengan kakimu. Jangan sampai kamu memilih sepatu yang kekecilan ataupun kebesaran. Hal tersebut akan berbahaya, dapat membuat cedera, dan ketika menendang bola akan kurang optimal

4. Pilih sepatu yang nyaman 

Hal ini penting untuk diperhatikan yaitu tingkat kenyamanan walaupun sepatu tersebut memiliki bahan yang bagus, dan memiliki ukuran yang pas. Tentunya kamu ingin fokus bertanding tanpa terganggu sepatu yang tidak nyaman saat digunakan.

 

Selain harus tahu cara memilih sepatu bola yang tepat, kamu juga harus tahu bagaimana cara menjaga kebersihan sepatu bola koleksimu. Salah satu cara yang bisa kamu terapkan adalah dengan menggunakan jasa cuci sepatu Makassar. Layanan ini sangat cocok untuk kamu yang tidak memiliki waktu cuci sepatu dan tidak mengetahui cara mencuci sepatu bola yang benar.