fasad

Mengenal Fasad Pada Bangunan Rumah

Fasad adalah tampilan muka pada bagian rumah yang memang banyak dilihat pertama kali oleh mereka yang mengunjungi rumah tersebut. Tampilan muka pada sebuah bangunan rumah inilah yang biasanya banyak digunakan sebagai penentu model dan desain dari rumah itu sendiri. Sebagai contoh bagian muka pada rumah dengan desain minimalis biasanya akan dibuat dengan bentuk bangunan kotak dengan bagian muka yang sedikit menonjol, sedangkan untuk bagian muka pada bangunan klasik biasanya akan ditampilkan dengan desain yang lebih banyak memiliki ornamen bergaya klasik. Desain bagian muka dari sebuah bangunan rumah selain dapat menggambarkan desain secara menyeluruh dari rumah tersebut, biasanya juga menjadi penentu rate harga dari rumah tersebut.

fasad

Untuk membuat tampilan muka pada sebuah bangunan rumah, biasanya para pemilik rumah ataupun developer rumah akan menggunakan berbagai bahan dengan desain yang disesuaikan dengan bentuk rumah itu sendiri, serta tingkat keawetan dari bahan tersebut. Berikut ini beberapa jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat fasad pada sebuah rumah hunian, yang antara lain adalah:

 

•    Batu bata, material bangunan ini memang dikenal kokoh dan tahan terhadap serangan berbagai cuaca sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan tampilan muka pada sebuah rumah di Indonesia, yang memang dikenal memiliki cuaca tropis.

•    Kayu, material bangunan ini lebih banyak digunakan untuk mereka yang memiliki model bangunan klasik, kesan natural pada kayu inilah yang dapat digunakan sebagai tampilan muka sebuah rumah yang langsung dapat memberikan kesan klasik bagi yang melihatnya.

•    Batu alam, bahan bangunan ini biasanya banyak digunakan sebagai lapisan pada dinding muka sebuah rumah, di mana kesan klasik minimalis dan natural akan didapatkan di dalamnya.

 

Untuk dapat membuat tampilan muka pada sebuah rumah hunian, sebaiknya gunakan bahan yang memang tahan lama, mengingat pada bagian muka inilah biasanya paparan panas dan percikan air akan sering didapatkan. Tampilan muka pada sebuah bangunan akan menciptakan kesan yang menarik untuk pertama kali pada bangunan tersebut, ketika seseorang melihat sebuah hunian.