Mengenal Indeks Jurnal Ilmiah

Memahami index jurnal tentu sangatlah penting bagi kalian yang bergelut dalam dunia pendidikan, seperti para dosen, mahasiswa ataupun peneliti. Karena hasil penelitian yang dilakukan itu, salah satunya bisa dipublikasikan ke dalam jurnal ilmiah.

Namun, jurnal yang dipublikasikan tentu tidaklah cukup hanya dimasukan ke dalam jurnal sesuai bidang keilmuannya saja. Tetapi idealnya bisa dimasukan ke jurnal yang sudah terindeks dalam beberapa database seperti database terakreditasi dan bereputasi. Sehingga dapat diakses dan memberikan manfaat besar untuk kebanyakan orang.

Agar publikasi karya ilmiah ke jurnal dapat terindeks terakreditasi dan bereputasi. Sebaiknya pahami terlebih dahulu mengenai apa itu indeks jurnal ilmiah? Berikut ulasan secara lengkapnya.

Apa Itu Indeks?

Indeks merupakan sebuah alat yang dipakai dalam bidang internet, tujuan dari adanya Indeks adalah untuk memudahkan dan mengatur seseorang atau pengguna internet dalam menemukan konten yang dicari.

Sederhananya index adalah kondisi sebuah publikasi (misalnya pada artikel ilmiah di jurnal) masuk ke dalam database seseorang mempunyai sistem tata kelola sebuah publikasi data. Jadi jika ada yang mencari menggunakan kata kunci tertentu maka akan mudah sistem mencari semua data lalu kemudian memperlihatkan beragam rekomendasi yang sesuai.

Seperti dalam sistem pencarian pada google, dimana ketika kita mengetik kata kunci maka google akan memberikan sebuah rekomendasi sesuai dengan apa yang kita cari.

Google mengindeks suatu jumlah publikasi sehingga bisa memberikan rekomendasi yang sama serta beragam untuk para pengguna layanan internet.

Pengertian Indeks Jurnal Ilmiah

Setelah memahami apa itu indeks maka selanjutnya kalian juga harus mengetahui apa itu indeks jurnal. Istilah indeks tentunya sangatlah umum, sebab indeks ini dapat mengacu ke dalam semua jenis publikasi. Jika terdapat tambahan kata jurnal di belakang maka indeks ini menjadi jauh lebih spesifik.

Pengertian indeks jurnal secara umum yaitu salah satu sarana ataupun alat guna mengindeks setiap bagian jurnal yang sudah di publish oleh ilmuan ataupun peneliti. Sehingga adanya database yang dimiliki oleh seluruh sistem jurnal terpublikasi. Database inilah yang dikenal sebagai istilah indeks jurnal.

 

Akhir Kata

Nah, itulah informasi mengenai indeks jurnal ilmiah yang bisa kalian pahami sebelum melakukan penelitian.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Artikel Jurnal Ilmiah; SINTA