pemanfaatan digital marketing

Pemanfaatan Digital Marketing dalam Sebuah Usaha

Marketing atau pemasaran adalah hal yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan. Marketing merupakan sebuah cara suatu perusahaan untuk memberikan informasi terkait produk atau layanan yang mereka tawarkan dengan tujuan untuk mendapatkan pelanggan.

Akan tetapi di masa seperti saat ini teknik marketing juga harus berkembang seiring berkembangnya trend yang ada.Oleh karena itulah seorang pelaku usaha haruslah aktif mengikuti trend yang ada dan juga paham banyak strategi bisnis salah satunya adalah digital marketing.

 

Apa Itu Digital Marketing?

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai pemanfaatan digital marketing ada baiknya kita paham terlebih dahulu apa itu digital marketing. Digital marketing merupakan teknik pemasaran yang memanfaatkan media digital atau internet.

Beberapa tahun belakang teknik pemasaran masih dilakukan dengan cara konvensional mulai dari banner,poster,iklan di Koran,spanduk,dan juga baliho yang terpasang di beberapa ruas jalan.

Namun di jaman dengan teknologi yang sudah sangat berkembang seperti saat ini Aktivitas tersebut sudah beralih menggunakan media digital dan juga internet. Beberapa jasa baru juga mulai muncul seperti jasa pembuatan website.

pemanfaatan digital marketing

Manfaat Digital Marketing bagi Sebuah Perusahaan

1. Hemat Biaya

Dalam penerapannya digital marketing atau pemasaran melalui media digital dan internet terbilang jauh lebih hemat biaya dibandingkan dengan menggunakan teknik pemasaran konvensional.

Hal ini lah yang membuat para pengusaha atau pelaku usaha memilih pemasaran menggunakan media digital seperti internet dibandingkan melakukan pemasaran melalui media cetak ataupun media televisi.

Karena kita hanya perlu memanfaatkan media yang ada untuk melakukan pemasaran seperti misalnya facebook,instagram,dan yang lainnya terlebih dapat digunakan secara Cuma Cuma tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

2. Jangkauan dan Target

Pemanfaatan digital marketing berikutnya dapat memberikan keuntungan berupa besarnya jangkauan dan ketepatan target dalam proses marketing.

Penggunaan media digital atau media internet memungkinkan kalian untung bisa menjangkau orang di seluruh belahan dunia tanpa terkendala waktu sedikitpun.

Selain itu dengan menggunakan tools seperti Facebook Ads atau Instagram Ads kalian bisa melakukan kustomisasi sasaran dari konten yang akan kalian posting nantinya.

Hal itu tentu jauh berbeda bila kalian bandingkan dengan pemasaran secara konvensional. Yang mana tidak bisa menjangkau seluruh orang dan juga terdapat banyak kendala.

3. Meningkatkan Penjualan

Manfaat yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan teknik digital marketing adalah bisa meningkatkan penjualan. Hal ini bisa terjadi karena besarnya jangkauan dari penerapan teknik yang satu ini dan kita juga bisa menargetkan promosi secara spesifik.

Namun untuk bisa melakukan hal tersebut kalian pastinya butuh pemahaman yang mendalam tentang teknik teknik dan strategi dalam digital marketing.

4. Komunikasi

Nah Manfaat yang keempat adalah komunikasi. Dengan menggunakan teknik digital marketing kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan para pelanggan tanpa batasan waktu sekalipun. Yang artinya kita bisa melakukan komunikasi hingga 24 Jam dengan para pelanggan.

5. Analisis yang Cepat

Manfaat yang terakhir dari penerapan teknik digital marketing dalam sebuah usaha adalah kita bisa melakukan analisis yang cepat dan juga tepat untuk mempersiapkan atau membuat strategi pemasaran yang baru.

Hal ini dapat lakukan dengan cara memanfaatkan tools atau alat alat yang disediakan oleh mesin pencari atau google itu sendiri. Kita bisa dengan mudah melihat ciri ciri pengunjung dengan sangat mendetail. Bahkan kita juga bisa mengetahui aktifitas yang dilakukan oleh para pengunjung website kita.

 

Nah itulah beberapa pemanfaatan digital marketing yang bisa kalian ketahui. Untuk bisa memaksimalkan teknik digital marketing kalian bisa menggunakan jasa pembuatan website untuk bisa mendapatkan website yang berkualitas tinggi.