Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Grounding Listrik

Rumah merupakan salah satu tempat spesial untuk banyak orang. Hal ini disebabkan karena rumah adalah sebuah sebagai tempat untuk beristirahat dan tujuan akhir seseorang setelah hari yang berat. Oleh karena itu, rumah harus dipastikan keamanannya dari kecelakaan-kecelakaan yang tidak diinginkan.

Salah satu kecelakaan yang tidak diinginkan ini adalah sambaran petir. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara kerja grounding listrik untuk bisa melindungi rumah Anda dari hal yang tidak diinginkan ini.

Cara kerja grounding listrik

Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara kerja dari grounding listrik, Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu grounding listrik. Grounding listrik merupakan sebuah rangkaian kabel listrik yang digunakan untuk membantu melindungi rumah dari kecelakaan berupa tegangan listrik yang sangat besar seperti kebocoran listrik dan juga karena tersambar petir.

Grounding listrik dilakukan dengan cara memasang kabel listrik dari rumah ke tanah. Jenis kabel yang digunakan untuk melakukan grounding ini bukan kabel sembarangan. Melainkan kabel khusus yang disebut dengan arde. Nah, kabel arde ini merupakan kabel yang memiliki ciri warna hijau atau kuning-hijau.

Kabel grounding ini dipasang dari rumah ke tanah dan tidak dihubungkan dengan saluran listrik yang lain. Hal ini disebabkan karena tujuan grounding listrik ini adalah untuk melepaskan tegangan listrik yang sangat besar ke tanah. Dengan begitu, grounding listrik bisa meniadakan perbedaan daya potensial sehingga tidak terjadi masalah saat muncul sambaran petir.

Fungsi grounding listrik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi grounding listrik yang utama adalah untuk keamanan rumah. Untuk lebih jelasnya, kami akan membahas mengenai fungsi grounding listrik ini secara mendetail seperti di bawah ini.

  • Grounding listrik untuk menghindari kebocoran listrik

Tujuan utama dari grounding listrik adalah melindungi penghuni rumah dari kebocoran listrik. Kebocoran listrik merupakan salah satu hal yang harus dihindari. Ini disebabkan karena kebocoran listrik bisa berakibat sangat fatal.

Kebocoran listrik bisa menyebabkan jadinya konsleting listrik. Hal ini bisa menyebabkan penghuni rumah dalam bahaya karena bisa menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut belum atau bahkan mengalami kebakaran.

  • Grounding listrik untuk menghindari sambaran petir

Selain digunakan untuk menghindari kebocoran listrik, grounding listrik juga bisa digunakan sebagai penangkal petir. Petir yang menyambar ke rumah bisa menyebabkan masalah yang besar. Salah satu masalah terberat dari terjadinya sambaran petir ini adalah kebakaran rumah. Oleh karena itu dengan menggunakan gelombang listrik, keberadaan listrik besar yang dihasilkan pada saat terjadinya sambaran bisa langsung di netralisir dengan menyalurkannya ke tanah.

  • Listrik untuk mengamankan peralatan rumah tangga

Salah satu keuntungan dari grounding listrik adalah untuk mengamankan peralatan rumah tangga. Grounding listrik yang menyalurkan listrik berlebihan ke tanah dapat membantu mengamankan peralatan rumah tangga. Listrik yang berlebihan akan membahayakan peralatan listrik di rumah Anda. Oleh karena itu grounding listrik menjadi sangat penting untuk melindungi rumah secara keseluruhan.

 

Cara pasang grounding listrik rumah

Grounding listrik bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu cara paling mudah untuk melakukan grounding listrik adalah dengan menancapkan paku ke dinding dan ke tanah. Cara kerja grounding listrik ini bisa berhasil karena intinya grounding listrik dilakukan dengan memilih elektroda khusus ke pertanahan dengan menggunakan kabel arde seperti yang telah disebutkan sebelumnya.