Perbedaan Ekpedisi, Kargo dan Trucking

Perbedaan Ekpedisi, Kargo dan Trucking

Buat kalian yang sering sekali berhubungan dengan yang namanya pengiriman barang, maka kalian wajib tahu apa saja perbedaan kargo, trucking dan ekspedisi. Terlebih jika kalian berurusan dengan supply chain management atau logistik, pastinya harus tahu ilmu mendasar perbedaaan kargo, trucking dan ekspedisi. Tiga jenis layanan tersebut sangat penting dan kalian juga harus bisa memilih jenis pengiriman yang baik dan tepat untuk pengiriman barang kalian.

Jika dilihat sekilas, pengiriman tersebut memang sama. Tetapi, layanan ketiganya sangat berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Yuk cari tahu, perbedaan dari ketiga jenis layanan tersebut beserta penjelasannya! 

Perbedaan Ekpedisi, Kargo dan Trucking

Kesamaan Ekspedisi, Kargo, dan Trucking

Ketiga jenis layanan tersebut juga memiliki sedikit persamaan. Dilihat dari segi tujuan ketiga jenis layanan ini tidak jauh berbeda. Tujuan pentingnya ialah digunakan untuk mengirim paket dalam bentuk dokumen atau barang. Perbedaan ketiga layanan ini sangat sulit untuk dibedakan, jadi kalian wajib banget tahu perbedaan apa aja yang ada di ketiga jenis layanan tersebut dan apa aja kegunaannya.

 Artikel terkait : Jasa Pindahan Rumah Surabaya

Perbedaan Ekspedisi, Kargo, dan Trucking

Mungkin beberapa pembaca sudah tahu persamaan dari ketiga jenis layanan ini, tapi kalian juga harus tahu juga perbedaan ketiga jenis layanan ini yang disediakan vendor atau perusahaan pengiriman barang. Dilihat dari penjelasan dan kegunaannya tiga jenis layanan ini bisa dibedakan. Yuk simak!  

  • Pengiriman Ekspedisi

Dari segi pengiriman, ekspedisi ialah sebuah proses pengiriman dengan rasio yang sangat kecil. Tiga jenis layanan ini sangat terlihat dari segi berat lebih yang mampu diterima saat pengiriman. Umumnyam kalian bisa melakukan pengiriman barang atau produk maksimal beratnya ialah satu kilogram.

Sebab itu, pengiriman ekspedisi ini tepat bagi perusahaan yang ingin mengirim dokumen atau barang yang tidak terlalui berat.  

  • Pengiriman Kargo

Proses pengiriman kargo sangat berbeda dengan ekspedisi karena rasionya sangat besar dibanding dengan pengiriman ekspedisi. Tapi kargo rasionya lebih kecil daripada trucking, Biasanya, penyedia jasa layanan memberikan batas muatan yang masuk dalam kategori berat dari 10 hingga 50 kilogram saat pengiriman barang. Hal ini untuk mencegah overload barang, karena tidak aman juga saat proses pengiriman.

Pengiriman kargo merupakan pilihan yang tepat bagi usaha yang ingin mengirimkan barang ke konsumennya di seluruh Indonesia. Di sisi lain, harga pengiriman barang dengan kargo jauh lebih murah daripada pengiriman ekspedisi. 

  • Pengiriman dengan Trucking

Kalian sudah tahu kan perbedaan ekspedisi dan kargo. Jika dilihat lagi, tiga jenis layanan ini memiliki perbedaan yang jelas pada transportasi. Biasanya ekspedisi dan kargo saat mengirimkan barang menggunakan banyak transportasi saat mengirim barang, contohnya kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, transportasi udara dan kapal. Berbeda dengan trucking karena transportasi yang digunakan saat pengiriman barang adalah kendaraan bermuatan besar dan harga yang ditawarkan sangat banyak tergantung armada yang kalian gunakan saat pengiriman.

Trucking juga punya keuntungan ialah pengiriman tepat waktu. Bagi kalian yang ingin mengirimkan barang dan ingin tepat waktu, trucking merupakan pilihan yang tepat.

 

Bila kalian tertarik dengan artikel ini dan ingin melanjutkan membaca artikel lainnya seputar truk, kami sarankan untuk mengunjungi link berikut ini https://sambalbukam.com/jasa-pindahan-rumah-surabaya-dan-sewa-truk-surabaya-harga-terjangkau/