solusi lembutkan kulit

Solusi Lembutkan Kulitmu dalam Waktu Singkat

Memiliki kulit selembut sutra kerap menjadi dambaan banyak orang. Selain meningkatkan kepercayaan diri, kulit yang lembut dapat memberikan kepuasaan tersendiri. Sebelum lanjut lebih dalam, Anda perlu mengetahui penyebab dari kulit kasar dahulu.

Kulit kasar dapat disebabkan oleh kandungan pada produk skincare yang digunakan, sinar UV matahari, penumpukan sel kulit mati, dan alasan lainnya. Setelah mengetahui hal tersebut, Anda bisa mengikuti beberapa solusi lembutkan kulitmu berikut. 

 

Cara Melembutkan Kulit Secara Alami

Rutin Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati. Caranya, agen eksfoliasi memutuskan ikatan yang mengikat sel mati dengan sel baru, sehingga sel baru bisa muncul ke permukaan kulit. Jika dilakukan secara rutin, kulit Anda bisa terlihat bersih dan tampak bersinar.

Agen eksfoliasi alami yang bisa dipilih meliputi baking soda, susu, kopi bubuk, garam halus dan gula halus.

solusi lembutkan kulit

Gunakan Moisturizer Dengan Humektan

Humektan dikenal akan kemampuannya menjaga kandungan air pada kulit, sehingga menjadikan kulit lembab. Saat mencari moisturizer, pilihlah produk yang mengandung humektan. Zat yang termasuk kategori humektan adalah gliserin, alpha-hydroxy acid, glikol, dan lain-lain. 

 

Gunakan Sunscreen 

Salah satu penyebab kulit kasar adalah kerusakan oleh sinar matahari langsung. Sudah seharusnya Anda menggunakan sunscreen saat hendak ke luar rumah. 

Walau sinar matahari tidak bisa sepenuhnya dihindari, dermatologis menyarankan untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF setidaknya 30 agar mendapatkan perlindungan optimal.

 

Tidur Dengan Humidifier

Saat tidur, kulit tidak mendapatkan asupan pelembab. Hal ini bisa menyebabkan kulit kering dan tidak lembut. Solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah meletakkan humidifier di kamar Anda dan menyalakannya selama Anda tidur.

Adanya humidifier dikatakan dapat menambahkan kandungan air pada udara. Kelembaban ini membantu mengurangi keretakan pada kulit.

 

Hindari Mandi Terlalu Lama

Solusi lembutkan kulitmu terakhir ini terdengar sepele. Padahal mandi terlalu lama bisa menghilangkan minyak alami pada kulit. Hasilnya, kulit menjadi kering. Untuk menghindari masalah ini, disarankan untuk mandi selama 5 sampai 15 menit. Setelahnya, gunakan lotion untuk menjaga kelembaban kulit. 

Masih banyak solusi lembutkan kulitmu yang bisa dicoba. Perubahan bisa muncul dalam waktu cepat jika melakukan secara tepat dan rutin. Intinya, kunci dari kulit yang lembut adalah kulit yang tidak kering.