cara mencari supplier tangan pertama

Tips Bisnis Cara Mendapatkan Supplier Tangan Pertama

Mempunyai supplier yang terpercaya apalagi supplier tangan pertama tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi seorang pengusaha.

Tak hanya stok barang dagangan yang senantiasa terjaga, tapi 'kesehatan' kantong juga terjaga karena harga dari supplier tangan pertama yang lebih murah.

Mencari supplier tangan pertama sendiri memang tidak mudah, namun bukan berarti mustahil. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan supplier tangan pertama.

 

Mendapatkan Supplier Tangan Pertama

cara mencari supplier tangan pertama

Datang Ke Sentra Industri

Dikutip dari website studimsam, cara pertama untuk mendapatkan supplier tangan pertama adalah dengan mengunjungi sentra industri atau bazaar bisnis. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapat dengan mengunjungi tempat-tempat ini.

Para pemilik usaha biasanya akan datang ke acara seperti ini, sehingga Anda bisa melakukan negosiasi tentang keinginan Anda untuk menjadikan mereka sebagai supplier tangan pertama bagi usaha Anda.

Selain Anda bisa bertemu langsung dengan sang supplier, Anda juga berkesempatan untuk melihat segala macam produk yang mereka pamerkan dan juga proses produksinya. Dengan begini, Anda jadi bisa menilai sendiri kualitas barang yang ingin Anda jual kembali.

Pelaku pameran pun juga tak hanya berasal dari satu jenis usaha saja. Tentunya ini menjadi kesempatan yang sangat baik bagi Anda untuk membangun relasi, kerja sama, dan wawasan.

Akses Situs Resmi dan Toko Online

Jika Anda kesulitan untuk mencari tempat industri di sekitar wilayah Anda, manfaatkan saja koneksi internet untuk mencari supplier tangan pertama.

Cara yang pertama, Anda bisa mengunjungi situs resmi seperti akun media sosial dari para supplier tersebut. Biasanya situs resmi mereka akan muncul paling pertama jika Anda mencari nama mereka di search engine.

Toko online juga bisa menjadi jalan Anda untuk mencari supplier tangan pertama. Caranya juga sama saja, Anda tinggal ketikkan nama produk yang ingin Anda cari kemudian lakukan sortir dengan nama toko.

Akses Marketplace

Masih memanfaatkan internet, marketplace juga bisa menjadi tempat guna mencari supplier tangan pertama. Dalam marketplace biasanya tidak hanya supplier saja yang berkumpul, tapi juga para pedagang, reseller, grosir, dropshipper, dan distributor baik tangan pertama ataupun importir.

Dalam marketplace ini, Anda bisa cek satu persatu supplier yang menarik perhatian Anda kemudian bandingkan antara satu dengan yang lainnya.

Baca juga Ide Jualan 1000an Tahan Lama 

Dengan menggunakan patokan seperti deskripsi produk dan harga, sangat besar kemungkinan Anda untuk bisa mendapatkan supplier dengan harga yang termurah dengan barang berkualitas tinggi.

Cek Di Berbagai Forum dan Komunitas Bisnis

Forum dan komunitas bisnis menjadi cara selanjutnya untuk mendapatkan supplier tangan pertama. Dalam forum dan komunitas ini, Anda bisa mengecek berbagai thread mengenai supplier tangan pertama. Siapa tahu, supplier dengan barang yang Anda inginkan ada di forum ini.

Kalau Anda belum menemukan bahasan tentang supplier yang Anda inginkan, Anda juga bisa bertanya dengan anggota komunitas yang lain. Biasanya akan selalu ada member yang rutin memberi informasi tentang hal-hal bisnis termasuk supplier.

Cari dengan Membandingkan Harga

Memanfaatkan website pembanding harga, Anda juga bisa lho mendapatkan supplier tangan pertama. Caranya, silahkan Anda akses situs pembanding harga terlebih dahulu kemudian cari barang yang Anda inginkan.

Website kemudian akan menampilkan beberapa referensi toko yang menjual barang serupa dengan harga yang bervariasi. Anda tinggal bandingkan dan pilih deh supplier tangan pertama yang menarik.

Sayangnya, website seperti ini biasanya hanya memuat toko resmi yang berjualan barang resmi pula, sehingga untuk pencarian lebih baik Anda harus mencarinya sendiri ke berbagai situs belanja.

 

Begitulah kira-kira cara mendapatkan supplier tangan pertama. Seperti yang Anda lihat di atas, cukup lewat internet pun Anda bisa mendapatkan supplier tangan pertama yang murah dan terpercaya. Tetap berhati-hati dalam memilih supplier dan semoga sukses!