Tips Membeli Rumah Kavling

Tips Membeli Tanah Kavling dengan Cara yang Mudah

Apakah anda berencana membeli tanah kavling untuk dibangun sebuah rumah ? Atau ingin membeli tanah kavling untuk djadikan investasi ? Wah, tentunya anda harus ketahui terlebih dahulu nih apa saja tips membeli tanah kavling agar tidak tertipu.

 

Tips Membeli Tanah Kavling

Membeli tanah kavling tidak boleh dilakukan sembarangan, karena saat ini banyak oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya ketahui tips membeli tanah kavling terbaik berikut ini.

Mendatangi Lokasi Tanah yang Akan Dibeli

Kalau anda ingin mendapatkan tanah kavling terbaik, pastikan anda mendatangi langsung lokasi tanah yang akan dibeli. Tips satu ini perlu dilakukan agar anda bisa survei langsung kondisi tanah kavling yang hendak dibeli.

Saat mendatangi lokasi tanah kavling coba cek apakah lokasinya strategis atau tidak. Pastikan pula kontur tanahnya rata dan baik sehingga anda bisa membangun sebuah rumah, apartemen ataupun bangunan lainnya dengan mudah.

Tips Membeli Rumah Kavling

Memeriksa Kelengkapan Surat Tanah Kavling

Sebelum memutuskan membeli tanah kavling, anda harus memeriksa kelengkapan surat pada tanah yang hendak dibeli tersebut. Diantara surat yang harus dimiliki ialah Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Hak Guna Bangunan (HGB).

Dengan memeriksa kelengkapan surat tanah anda jadi bisa ketahui apakan tanah kavling tersebut termasuk tanah sengketa atau bukan. Satu lagi, pastikan pula sertifikat tanah kavling yang dimiliki sudah terpecah.

Memeriksa Batasan dan Luas Tanah Kavling

Tips berikutnya yaitu memeriksa batas serta luas tanah kavling yang akan dibeli. Agar tidak kecewa di kemudian hari, anda harus memastikan luas tanah dan batas tanah kavling sama dengan yang tertera pada sertifikat. 

Membuat Surat Akad Jual Beli (AJB)

Jika anda sudah memutuskan membeli tanah kavling, segeralah membuat surat Akad Jual Beli (AJB). Dimana surat AJB ini menjadi salah satu bukti kepemilikan tanah secara sah. Mintalah bantuan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) untuk membuat surat AJB.

 

Penutup

Itulah dia empat tips yang perlu diperhatikan saat hendak membeli tanah kavling. Sebelum memutuskan membeli tanah kavling, harus hati-hati agar tidak kecewa di kemudian hari. Semoga informasi diatas dapat menjadi inspirasi ya!

Source : rumahsubsidicikarang.com