tes online

Tips Menjalankan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN

UTBK merupakan tes untuk menentukan skor untuk masuk ke sebuah Perguruan Tinggi Negeri atau yang sering disebut dengan PTN melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau dengan singkatan SBMPTN. Dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer ini dibagi menjadi dua rumpun yaitu, (sains dan teknologi) saintek dan (sosial dan hukum) soshum. Dengan begitu anda bisa memilih salah satu rumpun diatas. Di SBMPTN kita juga dapat menentukan 2 pilihan, bisa satu PTN namun beda fakultas atau beda PTN dengan fakultas yang sama.

Pada tahun ini UTBK dilaksanakan sehabis hari Raya Idul Fitri tahun 2022. Tepatnya pada tanggal 17 Mei sampai 23 Mei untuk gelombang pertama, sedangkan yang gelombang kedua diadakan pada tanggal 28 Mei hingga tanggal 3 Juni. Pasti para calon peserta UTBK merasakan gugup, stress saat belajar, dan takut. Nah disini kita akan membahas tips tips untuk mempersiapkan UTBK pada tahun ini sehingga menghasilkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan ekspektasi anda. Pada tahun ini untuk tes menggunakan aplikasi ujian online dengan platform CBT & CAT, anda juga bisa membuatkan platform sendiri untuk instansi yang dimiliki.

tes online

Menyiapkan kegiatan yang penting seperti ini adalah hal yang paling penting, maka dari itu anda juga harus menyiapkan dengan matang agar tidak kaget dan kebingungan saat menjalankannya. Berikut ini merupakan 5 tips untuk menyiapkan Ujian Tertulis Berbasis Komputer.

1. Mendirikan Kesadaran Mental

Mungkin hal ini bagi beberapa orang di anggap hal yang kecil atau remeh, namun hal ini sangatlah berpengaruh bagi pola pikir atau mindset anda. Dengan anda mendirikan kesadaran mental ini anda dapat membentuk mindset bahwa perjuangan yang satu ini bersifat jangka panjang atau memiliki jangka waktu yang sangat lama.

Beberapa orang ada yang menyepelekan hal ini karena dia merasa “UTBK masih lama lagi”. Bagi beberapa orang untuk melakukan hal ini merasa gampang hanya dengan dihayati dan diresapi aja, namun buat orang yang susah memahami kesadarannya sendiri susah. Kamu bisa membuatnya dengan cara yang mudah, yaitu mengganti wallpaper hp dengan quotes penyemangat dengan background PTN yang ingin anda masuki.

Selain itu anda bisa menempelkan pada dinding kamar anda atau tidak ditempelkan pada tempat yang sering kamu lihat. Anda bisa menempelkan sebuat quotes penyemangat kamu atau gambar logo atau foto bangunan dari PTN impian anda. Supaya tiap bangaun tidur anda bisa membacanya dan membuat ingat dan secara mental anda sudah benar benar sadar kalau hal ini merupakan hal yang sangat penting di hidup kamu dan berhak diperjuangkan. 

2. Kerjakan Soal UTBK dan Refleksi Diri

Tips mempersiapkan UTBK yang kedua ini adalah Kerjakan Soal UTBK dan Refleksi Diri. Anda bisa mengerjakan soal soal UTBK tahun sebelumnya atau anda bisa mengikuti tryout gratis dari beberapa platform Pendidikan digital. Dengan anda sering mengerjakan soal soal latihan atau sering mengikuti tryout, maka anda akan terbiasa dengan soal soal seperti itu dan anda bisa menjadikan acuan kemampuan anda. Dengan anda mengetahui seberapa jauh kemampuan anda, maka anda lebih mudah belajar apa yang belum anda kuasai di bagian materi tertentu. Dengan anda membandingkan hasil dari mengerjakan soal soal latihan tersebut, hal itu termasuk dari refleksi diri atau evaluasi. 

3. Cek Materi Latihan dan Konsep Dasar

Setelah anda mengevaluasi bagian bagian atau materi mana aja yang anda belum paham atau belum menguasainya dari latihan soal soal UTBK yang anda kerjakan, anda bisa mempelajarinya lebih dalam. Namun saat anda belajar jangan dicampur dengan materi yang lain. Misalnya anda belum paham atau belum menguasai materi A,C,E,F maka anda mempelajari materi A sampai matang di waktu senggang. Setelah paham baru berpindah ke materi C, begitu seterusnya. Dengan cara seperti itu anda akan lebih cepat memahami materi yang kurang dipahami itu. 

4. Buatlah Schedule Belajar

Dengan anda membuat schedule atau jadwal belajar, maka kegiatan anda sehari hari akan teratur dan and tidak keteteran saat membagi waktu. Oh ya, jangan lupa banyakin belajarnya ketimbang mainnya. Jadwal belajar bisa anda tulis atau ketik dan print. Bisa dihias dengan bagus dan tempelkan pada tempat yang sering anda lihat. Kalo bisa buat alarm di handphone anda agar tidak.