Trik Mencuci Karpet Terampuh agar Bersih dan Wangi

Di rumah Anda pasti memiliki berbagai furniture untuk memperindah ruangan seperti memadukan dengan karpet. Banyak jenis karpet untuk bisa disesuaikan dengan ruangan. Biasanya mulai dari ukuran, jenis bahan dan juga warnanya.

Karpet sendiri biasanya diletakkan di ruang keluarga, ruang tamu, kamar serta perhatikan juga ruang untuk kerja. Kebersihan harus tetap dijaga apalagi dengan karpet yang lebih cepat dapat menyerap debu dan kotoran sehingga kita harus rutin membersihkannya. Jika tidak segera dibersihkan maka akan dapat menimbulkan banyak debu dan kuman yang berbahaya serta bisa menyebabkan kita menjadi sesak nafas dan alergi.

 

Trik Mencuci Karpet

Mencuci karpet tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Ada beberapa trik mencuci karpet yang harus dicermati. Hal ini karena karpet sendiri memiliki bahan yang tebal dan bulu yang padat. Anda juga bisa mencuci karpet di Cuci Karpet Sidoarjo. Simak berikut ini trik mencuci karpet terampuh agar bersih dan wangi.

1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Hal yang utama saat membersihkan karpet adalah membersihkan debu atau kotoran dari karpet, biasanya menggunakan alat vacuum cleaner untuk menghilangkan debu serta kotoran. Inilah tahap yang pertama sebelum Anda membasahi atau mencuci karpet.

Vacuum cleaner ini dapat membersihkan karpet dari semua bagian ujung, hal ini dapat memudahkan Anda saat membersihkan karpet pada proses mencucinya.

2. Membersihkan Karpet dengan Digantung

Setelah Anda membersihkan debunya, gantung karpet di jemuran untuk mempermudah Anda dalam mencuci karpet. Hal ini perlu dilakukan supaya saat Anda mencucinya tidak membungkuk atau nyeri pada pinggang. 

Sehingga kotoran akan lebih terlihat dengan jelas saat akan membersihkan karpet secara sempurna. Jika Anda tidak mempunyai jemuran yang panjang bisa menggunakan pagar. 

3. Menggunakan Semprot Air

Langkah yang selanjutnya basahi semua bagian dari karpet. Caranya bisa menyemprotkan air ke seluruh bagian karpet menggunakan selang atau juga menggunakan pressure washer agar semprotannya kuat. Hal ini dilakukan agar debu dan kotoran yang menyelip di sela sela karpet keluar. Dengan semprotan tersebut dapat mengeluarkan sisa kotoran yang masih menempel.

4. Gunakan Cairan Sabun yang Khusus

Setelah menyemprotkan dengan air, gunakan cairan sabun yang khusus untuk mencuci karpet. Menggunakan cairan sabun ini dilakukan agar tidak merusak dari serat dan bahan karpet. Selain itu, tidak memudarkan warna dari karpet serta dapat membersihkan debu dan kotoran secara maksimal.

Jadi, hindari menggunakan deterjen yang biasa Anda gunakan, sebab nantinya dapat merusak serat dan bahan karpetnya.

5. Menggunakan Baking Soda

Supaya karpet tidak mudah bau gunakan baking soda. Selain itu baking soda juga bisa menghilangkan noda bandel yang ada di karpet.

Kandungan yang ada di baking soda dapat menghilangkan noda yang membandel pada karpet tanpa merusak serat dan bahannya dan mengangkat semua kotoran. Saat menggunakan baking soda jangan lupa agar memakai sarung tangan yang khusus.

6. Bilas dan Sikat menggunakan Sikat yang Halus

Setelah menggunakan cairan sabun dan baking soda, Anda bisa menyikat dibagian yang sulit untuk menghilangkan seperti kerak pada karpet, bisa menggunakan sikat yang halus agar tidak merusak serat karpet.

Gunakan jenis sikat dari bahan plastik, hindari menggunakan sikat yang terbuat dari bahan yang memiliki permukaan kasar.

7. Hilangkan Bau dengan Menabur Bedak Bayi

Untuk menghilangkan bau karpet yang sudah lama tidak dicuci bisa menaburi karpet dengan bedak bayi. Bedak bayi ini bisa menghilangkan bau apek pada karpet dan memberikan bau yang wangi kembali.

8. Bilas Karpet Dua Kali

Saat mencuci karpet terapkan double cleansing. Langkah ini untuk menuntaskan sisa sabun atau kotoran lainnya pada sela sela karpet. Bilas karpet hingga airnya berubah menjadi jernih dan tidak ada sisa sabun yang tertinggal.

9. Jemur Karpet Tanpa Paparan Sinar Matahari

Setelah proses mencuci karpet selesai, Anda perlu untuk mengeringkannya. Jangan sampai menjemur karpet secara langsung di bawah sinar matahari. Anda bisa menjemur ditempat yang teduh dan tempat berangin. Hal ini dapat membuat karpet warnanya memudar.

 

Itulah trik mencuci karpet terampuh agar bersih dan wangi. Sekarang Anda bisa melakukannya di rumah sendiri atau bisa di cuci karpet Sidoarjo. Untuk hasil yang maksimal Anda mencuci karpet tiga bulan sekali.