septic tank

Yuk Kenali Tanda Tanda Septic Tank Penuh!

Setiap pemukiman maupun perkantoran memiliki penampungan untuk pengolahan limbah yang dikenal dengan sebutan septic tank. Lokasinya yang jauh dari permukaan tanah, mengharuskan setiap individu perlu mengetahui tanda tanda septic tank penuh berikut ini. Selain bisa memperlancar aliran limbah, penduduk juga bisa terhindar dari aroma kurang sedap dari limbah di dalamnya.

 

1. Munculnya Bau Limbah ke Permukaan

Limbah yang penuh di dalam septic tank dapat menutupi pipa udara sehingga tercium aroma busuk dari dalam tanah. Pipa udara dalam septic tank membutuhkan bakteri pengurai untuk mendapatkan oksigen. Nantinya, kotoran bisa diurai dalam bentuk gas hidrogen sulfida melalui pipa udara tersebut.

Pipa tersebut dikeluarkan di tempat yang jauh dari pemukiman sehingga tak menyebarkan bau. Akan tetapi, apabila tercium di sekitar pemukiman, ada kemungkinan septic tank penuh dan harus segera disedot. Untuk itu, perlu ada jasa sedot WC yang terpercaya dan berpengalaman.

septic tank

2. Limbah yang Timbul di Kloset

Tanda tanda septic tank penuh selanjutnya yaitu saat limbah septic tank muncul di kloset. Manakala, toilet yang belum digunakan tersebut tiba-tiba terdapat kotoran yang belum dikeluarkan oleh pemilik. Limbah bisa berupa banyak hal karena benda masuk dalam septic tank. Di antaranya, kotoran, mainan anak, pembalut wanita, dan masih banyak lagi.

Hal ini disebabkan isi septic tank yang meluap ke kloset. Sebaiknya, tidak perlu menunggu mampet baru disedot WC. Semakin cepat penanganannya akan semakin baik. Terlebih jika ada orang asing yang ingin menggunakan toilet, pemilik akan dianggap kurang bersih.

3. Aliran Air Siraman Lambat Terserap

Ketika hendak menyiram feses, air mengalir justru terlalu pelan terserap ke dalam kloset. Bila hal ini terjadi, bisa menjadi tanda tanda septic tank penuh. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan dan menyedot septic tank yang penuh. Setelah disedot, pemilik bisa menambahkan saluran udara agar kotoran di dalamnya cepat terurai.

Meskipun hanya toilet mampet, seluruh rumah bisa terganggu dengan air yang susah masuk ke dalam WC. Ditambah apabila di tempat umum, jika belum begitu bersih, pengguna toilet akan menunggu dan memakan waktu yang lebih lama. Dengan demikian, sanitasi yang bersih perlu diterapkan di setiap lingkungan.

4. Genangan Air Terlalu Rendah

Pada kloset, ada air yang menggenang di lubangnya. Akan tetapi, genangan air terlihat lebih rendah daripada genangan sebelumnya meskipun sudah disiram sebanyak mungkin, hal tersebut dapat menjadi ciri septic tank harus disedot agar tidak mampet. Pemilik kakus juga bisa mencoba menuangkan air seember untuk memastikan penyusutan air yang menggenang itu.

5. Kotoran Susah Ditelan Kloset

Septic tank yang sudah penuh menyebabkan feses susah masuk ke dalam kakus. Misalnya, hal ini terjadi di tempat umum seperti sekolah, pusat perbelanjaan, pusat kebugaran, maupun perkantoran. Tentu saja, akan sangat mengganggu setiap orang yang akan menggunakan toilet. Dengan demikian, sudah seharusnya jasa sedot WC yang terpercaya.

Untuk menghindari septic tank yang terlalu cepat penuh, hindari memasukkan benda yang padat dalam kakus. Hal tersebut bisa menyebabkan aliran mampet sehingga septic tank tidak mampu menampung kotoran. Selain itu, benda padat tidak bisa diuraikan oleh bakteri dalam septic tank.

 

Demikian tanda-tanda septic tank penuh yang perlu diketahui. Sebaiknya tanda tersebut diantisipasi sebelum terjadi agar dapat segera diatasi. Untuk menyelesaikannya, ada septic tank biotech yang unggul dan bisa didapatkan di https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/